Comments

Tuesday, October 23, 2012

Hukum Termokimia

Posted by at 4:43 AM Read our previous post

Hukum Termokimia


Memahami Entalpi dan Persamaan termokimia
Persamaan termokimia sama seperti persamaan kimia lain kecuali terdapatnya aliran panas untuk reaksi. Aliran panas terdapat di sebelah kanan dari persamaan menggunakan ΔH simbol. Unit-unit yang paling umum adalah kilojoule, kJ. Berikut adalah dua persamaan termokimia:
H2 (g) + ½ O2 (g) → H2O (l); ΔH = -285.8 kJ
HgO (s) → Hg (l) + ½ O2 (g); ΔH = +90.7 kJ
Ketika Anda menulis persamaan termokimiapastikan untuk menjaga hal berikut dalam pikiran:
  1. Koefisien mengacu pada jumlah mol. Jadi, untuk persamaan pertama, -282,8 kJ ΔH adalah ketika 1 mol H2O (l) adalah terbentuk dari 1 mol H2 (g) dan ½ mol O2.
  2. Entalpi perubahan untuk perubahan fasasehingga entalpi suatu zat tergantung pada apakah ituadalahpadat cair, atau gasPastikan untuk menentukan fase reaktan dan produk menggunakan (s),(l), atau (g) dan pastikan untuk melihat pada ΔH benar dari panas pembentukan tabelSimbol (aq) digunakan untuk spesies dalam air (berair) solusi.
  3. Entalpi suatu zat tergantung pada suhu. IdealnyaAnda harus menentukan suhu di mana reaksidilakukanKetika Anda melihat tabel memanaskan formasi, perhatikan bahwa suhu ΔH diberikan.Untuk masalah pekerjaan rumahdan kecuali ditentukan lain, suhu diasumsikan 25 ° C Dalam dunia nyatasuhu dapat berbeda dan perhitungan termokimia dapat lebih sulit.
Hukum tertentu atau aturan berlaku bila menggunakan persamaan termokimia:
  • ΔH secara langsung proporsional dengan kuantitas zat yang bereaksi atau yang dihasilkan oleh reaksi. Entalpi adalah berbanding lurus dengan massa. Oleh karena itu, jika Anda dua kali lipat koefisien dalam persamaan, maka nilai ΔH dikalikan dengan dua. Sebagai contoh:
H2 (g) + ½ O2 (g) → H2O (l); ΔH = -285.8 kJ
2H2 (g) + O2 (g) → 2 H2O (l); ΔH = -571.6 kJ
  • ΔH untuk reaksi adalah sama besarnya tetapi berlawanan tanda ΔH untuk reaksisebaliknyaSebagai contoh:
HgO (s) → Hg (l) + ½ O2 (g); ΔH = +90.7 kJ
Hg (l) + ½ O2 (l) → HgO (s); ΔH = -90.7 kJ
  • ΔH adalah independen dari jumlah langkah yang terlibat.Aturan ini disebut Hukum Hess. Ini menyatakan bahwa ΔH untuk reaksi adalah sama apakah itu terjadi dalam satu langkah atau dalam serangkaian langkah. Cara lain untuk melihat itu adalah untuk mengingat ΔH yang merupakan milik negara, sehingga harus independen dari jalur reaksi.

Jika Reaksi (1) + Reaksi (2) = Reaksi (3), maka ΔH3 = ΔH1 + ΔH2

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template