Comments

Monday, October 22, 2012

HUJAN ASAM DAN ASBUT

Posted by at 5:39 AM Read our previous post




HUJAN ASAM
  Hujan asam diartikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6.
   Hujan asam terbentuk akibat dari proses reaksi gas yang mengandung sulfat. Sulfat dioksida (SO2) yang bereaksi dengan Oksigen (O2) dengan bantuan dari sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari.
  Proses ini akan menghasilkan sulfat trioksida (SO3) yang menyatu setelah reaksi tersebut, yakni melalui air laut yang naik ke udara dengan tujuan menghasilkan asam sulfida (H2SO4), proses ini kemudian menyatu dengan gas yang terdapat di udara seperti amonia yang menghasilkan susunan partikel baru yaitu asam sulfat amonia.

Partikel yang tersisa dan mengendap di udara akan membentuk tetesan halus yangdipindahkan oleh angin dari satu tempat ke tempat yang lainnyaKetika tempatjatuhnya air hujan sudah tepatmaka tetesan asam belerang (sulfatdan butiran-butiran sulfat amonia akan terurai di air hujan dan jatuh ke permukaan bumi menjadihujan asam.
  hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Tetapi biasanya disebabkan oleh karena manusia, misal, industri, pembangkit listrik dan kendaraan bermotor.
  Hujan asam dapat merusak tumbuhan, menimbulkan perkaratan logam, dan merusak bangunan.


ASBUT
  
  ASAP dan KABUT
Merupakan campuran yang terdiri atas beberapa gas dan partikel-partikel padat dan cair.
Karena si “NO2” bereaksi dengan si “Sinar matahari” maka jadilah ASBUT ;)
Asbut dihasilkan oleh reaksi fotokimiayaitu karna reaksi kimia terhadap sinar matahari.

Asbut fotokimia

Disebabkan oleh beberapa jenis hasil pembakaran bahan kimia yang dikatalisasi olehkehadiran cahaya matahariAsbut ini mengandung:hasil oksidasi nitrogen, misalnya nitrogen dioksida
ozon troposferik
VOCs (volatile organic compounds)
peroxyacyl nitrat (PAN)
-  Asbut fotokimia biasanya terjadi di daerah-daerahindustri atau kota padat mobil yangmenghasilkan emisi berat dan terkonsentrasiTetapi asbut fotokimia tidak hanya menjadimasalah di kota-kota industrisebab bisa menyebar ke daerah nonindustri.
Asbut klasik

Merupakan asbut yang terjadi di London setelah terjadinya revolusi industri yangmenghasilkan pencemaran besar-besaran dari pembakaran batu baraPembakaran inimenghasilkan campuran asap dan sulfur dioksida.Gunung berapi yang juga menyebabkan berlimpahnya sulfur dioksida di udara,menghasilkan asbut gunung berapiatau vog (vulcanic smog, asbut vulkanis).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template