Comments

Tuesday, June 3, 2014

5 Alasan kurang tidur bisa mempengaruhi berat badan

Posted by at 4:52 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/alasan

Sudah rajin berolahraga, namun masih kesulitan menurunkan berat badan? Coba perhatikan pola tidur Anda. Kemungkinan Anda kurang tidur atau tidak tidur dengan teratur.

Tak hanya olahraga dan menghindari makanan berlemak, tidur juga penting untuk mengontrol berat badan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa tidur cukup bisa sangat mempengaruhi usaha Anda untuk menurunkan berat badan, seperti dilansir oleh Boldsky.

1.
Kurang tidur bisa menaikkan berat badan

 Hormon kortisol dalam darah akan meningkat jika Anda kurang tidur. Hormon kortisol ini akan menyebabkan Anda ingin ngemil dan terus makan. Hormon ini mengacaukan nafsu makan dan bisa membuat Anda merasa ingin makan. Tentunya ini bisa membuat Anda sulit menurunkan berat badan.

2.
Kurang tidur mempengaruhi hormon

 Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan jumlah hormon ghrelin meningkat. Hormon ini berkaitan dengan kontrol nafsu makan. Ketika hormon ini tak bekerja dengan baik, maka seseorang bisa memiliki nafsu makan besar dan terus makan hingga kelebihan berat badan.

3.
Kurang tidur membuat orang memilih makanan tak sehat

 Kurang tidur juga menyebabkan seseorang membuat pilihan yang tak sehat berkaitan dengan makanan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur lebih suka memilih makanan yang manis dan penuh kalori yang menyebabkan peningkatan berat badan. Hal inilah yang menyebabkan berat badan cepat naik ketika seseorang kurang tidur.

4.
Kurang tidur membuat orang malas

 Orang yang kurang tidur seringkali merasa tak berenergi dan lelah sehingga mereka lebih malas, terutama untuk berolahraga. Hal inilah yang menyebabkan seseorang lebih mudah gemuk. Orang yang malas juga lebih suka membeli makanan cepat saji daripada memasak sendiri, atau juga malas melakukan aktivitas yang menyehatkan. Semua hal itu jika dikombinasikan akan membuat mereka sulit menurunkan berat badan dan bertambah gemuk.


5.
Kurang tidur menurunkan metabolisme

 Tidur adalah hal yang penting bagi metabolisme tubuh. Ketika seseorang kurang tidur, mereka akan membuat metabolisme menjadi lebih pelan dan menurun. Pada akhirnya proses pembakaran lemak dan kalori juga semakin melambat dan membuat penurunan berat badan menjadi terhambat. Di lain sisi, secara tak langsung metabolisme yang lambat juga membuat Anda lebih mudah kelebihan berat badan.

Itulah beberapa alasan mengapa tidur sangat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Jika Anda ingin cepat kurus, sebaiknya perhatikan juga pola tidur Anda, tak hanya kegiatan olahraga atau makanan yang Anda konsumsi.

3 comments:

  1. informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :) jangan patah semangat yaa !! salam marketing online :D

    ReplyDelete
  2. Salam hangat blogger dari kami penjual obat jerawat ya obat jerawat. Bukan promo cream jerawat, tapi cuma walking2 saja haha .. Salam ya, ditunggu kungan baliknya ...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template