Comments

Tuesday, November 6, 2012

Inilah Kenapa Gigi Hiu Tajam Dan Tidak Rusak

Posted by at 5:02 AM Read our previous post
asalasah.blogspot.co
Ini ikanHiu bukan teri!

Tau ikan Hiu kan? Pengamatan lebih dalam terhadap gigi hiu menunjukkan bahwa gigi hiu mengandung fluoride, unsur yang biasa ada di dalam odol atau cairan pembersih mulut. Hal itu menjelaskan bagaimana hiudapat dengan mudah merobek atau memotong mangsanya.

Gigi mereka didesain untuk pekerjaan seperti itu. Gigi mereka juga tidak pernah berkarang, berdasarkan studi yang diterbitkan di Journal of Structural Biology.

Menurut Matthias Epple, salah satu penulis di jurnal itu, gigi hiu mengandung mineral fluoroapatite (fluorin kalsium fosfat), sedangkan gigi manusia dan mamalia lain mengandung hydroxyapatite, yaitu konstituen inorganik yang juga ditemukan di tulang.
“Untuk menjaga gigi tahan terhadap asam, odol biasanya mengandung fluoride,” ujar Epple, profesor kimia inorganik di Universitas Duisburg-Essen. “Di permukaan gigi manusia setelah menyikat gigi, sejumlah kecil – tidak lebih dari satu persen – hydroxide tergantikan oleh fluoride.”
“Sedangkan di permukaan gigi hiu terkandung 100 persen fluoride. Jadi, gigi hiu tidak pernah berkarang.”

Pengukuran mekanis serta tes mikro dan nano juga menemukan bahwa gigi hiu tidak lebih keras daripada gigi manusia.

“Penemuan ini sangat mengejutkan, sebab mineral fluoroapatite lebih keras daripada mineral hydroxyapatite. Jadi jika gigi itu hanya terkandung mineral, seharusnya gigi hiu lebih keras daripada gigi manusia,” ujar Epple. “Tampaknya gigi manusia menggantikan sedikitnya mineral yang ada dengan penggabungan kristal enamel spesial dan protein matrix sehingga pada akhirnya gigi manusia sekeras gigi hiu.”

Epple juga menambahkan bahwa jika gigi semua hewan, termasuk manusia, hanya mengandung mineral dan sangat keras, maka gigi itu lebih rapuh dan cenderung untuk hancur.

Selain giginya yang unik, ternyata gigi hiu juga dapat berganti beberapa kali dalam masa hidupnya. Hal tersebut bukan diakibatkan karang gigi, tetapi karena terkadang gigi hiu tersangkut di mangsanya atau copot karena hal lain.

Sumber:http://rupadunia.blogspot.com/2012/08/alasan-kenapa-gigi-ikan-hiu-tajam.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template