Posted by Unknown at 8:33 PM
Read our previous post
Orang yang proaktif punya visi ke depan dan selalu bersikap optimis dalam segala tindakannya. Dia bahkan selalu berinisiatif untuk melakukan sesuatu tanpa diminta sebelumnya. Berikut adalah lima tips agar Anda bisa menjadi lebih proaktif dalam bekerja. Yuk simak ulasan menariknya!
1. Bertindak atas umpan balik yang diberikan
Perhatikan semua umpan balik yang
diberikan manajer atau supervisor kepada Anda. Pahami apa kekuatan dan
kelemahan Anda dan kemudian ambil langkah-langkah untuk membuat
perubahan dalam pola kerja Anda sesuai dengan umpan balik yang Anda
dapatkan.
2. Memberi saran dan ide tanpa diminta
Jadilah aktif dalam setiap pertemuan.
Berilah saran dan ide segar tanpa diminta oleh atasan. Ini tandanya,
Anda adalah seorang yang berinisiatif dan berwawasan luas. Selain itu,
saran dan ide yang Anda berikan juga akan menambah nilai Anda di mata
atasan.
3. Tunjukkan kreativitas Anda setiap hari
Untuk menjadi pribadi yang proaktif,
Anda perlu membuat perubahan besar di tempat kerja. Anda dapat
melakukannya dengan mengambil langkah-langkah kecil atau mulai melakukan
hal-hal sehari-hari yang berbeda. Sebagai contoh, Anda selalu datang 30
menit sebelum jam masuk dan menyelesaikan pekerjaan satu jam sebelum
jam pulang.
4. Punya keterampilan tambahan
Anda bisa disebut sebagai karyawan
proaktif, jika Anda memiliki lebih dari satu keterampilan. Ini akan
membantu Anda untuk mempersiapkan masa depan Anda. Seorang pegawai yang
proaktif lebih tertarik untuk memperoleh keterampilan baru daripada
merenungkan apakah yang mereka lakukan itu berguna atau tidak.
5. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
Sangat sedikit karyawan yang bisa
menyelesaikan pekerjaan mereka sebelum batas waktu yang diberikan. Atau,
Anda masih pakai sistem kebut semalam? Percayalah, kebiasaan buruk itu
tidak akan membuat Anda maju. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan
sesuai tenggat waktu yang diberikan dan investasikan sisa waktu Anda
untuk melakukan sesuatu yang baru.
Inilah lima tips agar Anda bisa menjadi lebih proaktif dalam bekerja. Sikap proaktif yang Anda tunjukkan saat bekerja pasti akan membuat Anda disayang oleh atasan.
Inilah lima tips agar Anda bisa menjadi lebih proaktif dalam bekerja. Sikap proaktif yang Anda tunjukkan saat bekerja pasti akan membuat Anda disayang oleh atasan.
No comments:
Post a Comment