Comments

Monday, March 10, 2014

Cegah kebiasaan mendengkur dengan 7 cara ini

Posted by at 9:52 PM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/cara%2Ftrik

Mendengkur adalah salah satu kebiasaan tidur yang bisa menyebabkan masalah bagi banyak orang. Tak hanya membuat pasangan terganggu, jika dibiarkan mendengkur juga tak baik untuk kesehatan.

Mendengkur biasanya disebabkan oleh terganggunya jalan pernapasan. Jika tak segera diatasi, mendengkur bisa menyebabkan masalah pada sisten pernapasan Anda. Tak hanya itu, penelitian juga mengungkap bahwa mendengkur bisa meningkatkan risiko stroke lho!

Jika Anda memiliki kebiasaan mendengkur, sebaiknya segera atasi dan hilangkan dengan beberapa langkah berikut ini, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Gunakan bantal

Untuk mencegah mendengkur Anda bisa menggunakan bantal ekstra. Biasanya ini berhasil untuk orang yang tidur tanpa menggunakan bantal atau memiliki bantal yang terlalu tipis. Dengan bantal ekstra akan mencegah jaringan pada tenggorokan untuk menutupi jalannya udara.

2. Tidur miring

Memang sulit untuk tidur miring sepanjang malam. Namun Anda bisa mencoba dengan memeluk guling atau bantal. Ini akan membantu mencegah kebiasaan mendengkur. Tidur dengan posisi miring adalah salah satu cara paling mudah untuk mencegah mendengkur karena akan mencegah lidah dan bagian mulut untuk menutupi tenggorokan.

3. Menguapi hidung

Menguapi hidung bisa membantu untuk menghilangkan lendir yang menyumbat hidung. Dengan begitu, saat tidur saluran pernapasan tak akan terhambat lagi. Menguapi hidung sebelum tidur membantu Anda bernapas lebih lega dan mencegah Anda untuk mendengkur.

4. Berhenti merokok

Merokok bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk mendengkur. Mendengkur bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada tenggorokan sehingga bisa meningkatkan kemungkinan mendengkur karena susah bernapas.

5. Hindari alkohol

Minum alkohol atau minuman yang mengandung alkohol bisa memicu Anda untuk mendengkur. Begitu juga dengan pil tidur dan obat lainnya. Menghindari minum alkohol akan membuat otot semakin tenang dan melancarkan saluran pernapasan. Dengan begitu, Anda tak akan mendengkur.

6. Sembuhkan batuk

Batuk dan pilek, serta lendir yang berkumpul di hidung biasanya juga menyebabkan seseorang mendengkur. Jika Anda sakit batuk atau pilek, segera obati sebelum penyakit tersebut menyebabkan kebiasaan mendengkur saat Anda tidur.

7. Hindari ngemil sebelum tidur

Hindari makan cemilan seperti pizza, popcorn, atau burger sebelum tidur. Makanan yang mengandung banyak lemak bisa meningkatkan produksi lendir pada hidung. Dengan begitu, kemungkinan untuk mendengkur akan semakin besar.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari mendengkur. Lakukan beberapa hal tersebut jika Anda memiliki kebiasaan mendengkur. Selamat mencoba!

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template