Comments

Thursday, April 23, 2015

Ternyata, kebahagiaan bisa menular lewat bau badan!

Posted by at 5:29 AM Read our previous post



Bau badan tak sedap adalah hal yang paling dihindari oleh semua orang. Badan yang berbau bisa merusak penampilan dan membuat orang dijauhi oleh teman-temannya. Namun baru-baru ini peneliti mengungkap bahwa bau badan tak sedap ternyata bisa menjadi kunci dalam mengontrol emosi. Bahkan mereka menemukan bahwa emosi juga bisa menular lewat bau badan!

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Inggris, Belanda, dan Portugal, bau tubuh manusia mengandung zat kimia yang membawa informasi mengenai keadaan emosi seseorang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa menghirup bau badan bisa mempengaruhi emosi seseorang.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah peneliti melakukan percobaan pada 12 pria. Mereka menunjukkan beberapa jenis film untuk memicu emosi partisipan. Beberapa partisipan ditunjukkan film Jungle Book untuk memicu emosi bahagia, beberapa ditunjukkan film yang membuat mereka takut, dan lainnya ditunjukkan prakiraan cuaca untuk mendapatkan emosi netral.

Setelah itu peneliti mengumpulkan keringat dari ketiak partisipan. Keringat dan bau badan tersebut disodorkan pada partisipan wanita. Mereka diminta untuk membaui keringat itu, sementara ekspresi mereka dipindai oleh alat magnetik, seperti dilansir oleh Metro.

Hasilnya cukup mengejutkan. Diketahui bahwa ekspresi partisipan wanita yang paling bahagia adalah ketika mereka membaui bau badan partisipan pria yang melihat film Jungle Book. Ini artinya, bau badan bisa merepresentasikan emosi yang dialami seseorang, dan bisa menularkan emosi tersebut pada orang lain lewat bau.

Lain kali, jika Anda merasa sedih, tak ada salahnya mencoba untuk memeluk atau membau keringat orang lain yang sedang berbahagia. Siapa tahu, meski bau, kebahagiaan mereka bisa menular pada Anda!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template