Comments

Friday, January 9, 2015

5 hewan imut ini dulunya adalah raksasa yang mengerikan

Posted by at 11:58 PM Read our previous post

Hewan-hewan yang ada sekarang tentunya memiliki nenek moyang lebih dulu punah di zaman purbakala. Ada beberapa dari mereka yang mengalami evolusi bentuk.

Kali ini, ada data yang diperoleh dari Listverse , yang menyajikan fakta-fakta tentang hewan purba. Sejumlah hewan yang sekarang terlihat imut dan sewajarnya, ternyata dulu memiliki fisik yang besar dan mengerikan. 

1.
Penguin

 Hewan yang hidup di daerah dingin ini sekarang dikenal sebagai hewan yang imut dan mungil. Ukuran normal tubuhnya adalah sekitar 25-30cm saja. Namun tahukah Anda bahwa ternyata hewan ini memiliki tubuh yang besar dengan tinggi 1,5 meter.

Anda bisa membayangkan pinguin berdiri di depan Anda dengan tinggi yang hampir sejajar dengan Anda. Fosil hewan ini ditemukan di Peru pada tahun 2010 lalu.

2.
Unta

 Unta yang hidup dan biasa Anda temui di kebun binatang memiliki ukuran normal setinggi 167-198cm. Namun unta di zaman purba ternyata berukuran raksasa.

Ilmuwan Swiss telah menemukan fosil seekor unta di Suriah yang hidup sekitar 100 ribu tahun lalu dengan ukuran tubuh yang tidak wajar. Diketahui, unta tersebut memiliki tinggi lebih dari 3,5 meter!

Diprediksi, unta saat itu hidup berdampingan dengan kumpulan Homo Sapiens.

3.
Kanguru

 Hewan berkantong ini identik dengan kemampuannya yang dapat melompat jauh dan larinya yang cepat. Ukuran tubuh normal hewan Australia ini adalah setinggi 1,8 meter. Namun percayalah, nenek moyang mereka jauh lebih besar dan tinggi.

Diketahui, kanguru terbesar yang pernah ada di bumi ini berukuran tinggi 299cm atau hampir 3 meter. Diperkirakan, berat tubuhnya mencapai 200kg. Spesies besar ini dikatakan punah sekitar 40 ribu tahun lalu karena perubahan iklim sehingga hanya tersisa spesies yang masih bisa Anda temui saat ini.

4.
Berang-berang

Umumnya, berang-berang memiliki panjang tubuh sekitar 70cm dan itu yang terbesar yang ditemukan hidup saat ini. Namun ilmuwan telah menemukan fosil hewan pengerat ini dengan panjang tubuh 2,4 meter. Beratnya ditaksir sekitar 100kg.

Tak hanya itu, diketahui pula raksasa air ini memiliki gigi sepanjang 15cm. Anda bisa membayangkan betapa mengerikannya itu.

5.
Babi

 Bagi sebagian orang, babi dianggap sebagai hewan yang lucu. Bahkan tahun 2010 lalu, babi menjadi hewan paling trend sebagai hewan peliharaan.

Namun jangan salah, jika Anda kembali di 23 juta tahun yang lalu, Anda akan menemui babi raksasa dengan fisik yang mengerikan. Menurut ilmuwan, mereka mendapati fosil babi berukuran panjang 3,6 meter, tinggi 2 meter, dan berat sekitar 1000kg. Bahkan mereka dikatakan memiliki bulu yang tergolong lebat dan taring.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template