Comments

Tuesday, January 13, 2015

6 Perusahaan raksasa dunia yang bermula dari garasi

Posted by at 1:06 AM Read our previous post

Banyak perusahaan-perusahaan ternama di dunia yang mengawali karir dan bisnis mereka dengan posisi yang benar-benar dari bawah.

Maksud 'dari bawah' ini adalah, para perintis atau pembesut awal perusahaan-perusahaan tersebut memulai bisnisnya dengan dana yang tipis serta tempat yang jauh apabila dikatakan sebagai sebuah kantor yang layak.

Berikut beberapa perusahaan terkenal di dunia yang mengawali karir dan bisnisnya dari sebuah garasi.

1.
Dell

Dell adalah sebuah salah satu perusahaan ternama di dunia yang memproduksi dan memasarkan perangkat keras untuk komputer yang mayoritas digunakan di IBM.

Dell Inc ini pertama kali didirikan oleh seseorang bernama Michael Dell yang berani mempertaruhkan pendidikannya dengan memutuskan untuk berhenti sekolah karena dia harus fokus pada bisnisnya tersebut.

Dell menciptakan perusahaan bernama PC's Limited dengan modal awal USD 1000 dan berhasil memproduksi komputer pertamanya yang diberi nama Turbo PC pada tahun 1984.

Dell Inc juga pernah dinobatkan sebagai salah satu perusahaan terpandang di dunia pada tahun 2005 silam oleh majalah Fortune.

2.
Microsoft

 Bersama dengan Paul Allen, Bill Gates membangun bisnis raksasanya di sebuah garasi kecil dengan memanfaatkan segala keterbatasan dari dana sampai sparepart.

Tidak seperti Apple, Microsoft yang awalnya bernama Micro Software itu lebih fokus membuat perangkat lunak atau software. Nama Microsoft merupakan ide awal dari Gates yang pada tanggal 4 April 1975 secara resmi menjadi tanggal berdirinya perusahaan raksasa itu.

Kejayaan Microsoft mulai bersinar ketika negosiasi dengan Digital Research gagal dan IBM justru menyetujui kontrak pada bulan November 1980.

3.
Hewlett Packard

 Hewlett-Packard Company atau lebih dikenal dengan sebutan HP ini dibangun pertama kali oleh dua orang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard.

Dengan bermodal hanya USD 538 saja, keduanya berani mencoba membangun bisnisnya. Produk pertamanya adalah sebuah audio oscillator yang mereka jual ke Walt Disney untuk membantu menciptakan sound sistem yang bagus untuk film-film animasinya.

Cerita unik di balik pendirian HP ini adalah sempat keduanya melakukan pelemparan koin untuk memutuskan nama apa yang digunakan sebagai brand, Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett. Dan, yang memenangkan adalah Dave Packard, namun hama yang digunakan justru Hewlett-Packard bukan Packard-Hewlett selaku pemenang pelemparan koin.

4.
Amazon

 Mengikuti jejak langkap pendiri Hewlett-Packard, pada tahun 1994, Jeff Bezos memulai membuka bisnis toko online yang awalnya hanya menjual buku itu di sebuah garasi di Washington.

Pada bulan Juli 1995, Besos berhasil menjual buku pertamanya dan sekarang ini Amazon, perusahaan yang dia dirikan, telah menjelma menjadi perusahaan raksasa yang diperhitungkan.

Kini Amazon tidak hanya menjual buku saja, namun sudah merambah ke barang-barang lain termasuk gadget dan perangkat elektronik lainnya.

5.
Apple

 Pada tahun 1976, Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne menciptakan prototype komputer pertama mereka di sebuah garasi di California.

Memang banyak pihak yang memandang sebelah mata akan prototype tersebut, namun pada bulan Juli 1976, produk pertama Apple yaitu Apple I berhasil terjual walaupun tidak sebegitu banyak.

Pasang surut terus mewarnai perjalanan Apple dan kini perusahaan satu ini sudah masuk menjadi salah satu perusahaan raksasa di dunia yang namanya disegani.

6.
Google

 Google Inc adalah perusahaan multinasional dari Amerika Serikat yang didirikan pertama kali oleh dua orang bernama Larry Page dan Sergey Brin.

Google pertama kali beroperasi di sebuah garasi milik Susan Wojcicki. Dia menyewakan garasinya tersebut untuk digunakan dengan biaya sewa sebesar USD 1,700 selama 5 bulan.

Dari garasi tersebut bermula, sekarang Google menjadi salah satu perusahaan terpandang di dunia yang telah memproduksi banyak produk selain pada bisnis layanan internetnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template