Comments

Tuesday, January 13, 2015

6 Cara mudah rawat harddisk external agar tidak cepat rusak

Posted by at 1:20 AM Read our previous post

Tidak dapat dipungkiri, sebagian besar aktivitas manusia di era modern ini terikat erat dengan teknologi. Dan, banyak orang membutuhkan tempat penyimpanan data yang dapat dibawa kemana-mana.

Namun, ada kalanya sebuah hard drive atau hard disk portable yang digunakan untuk menyimpan data menjadi rusak karena keteledoran atau kecerobohan sang pemilik.

Untuk itu diperlukan banyak langkah tepat agar perangkat portable itu tidak mudah rusak dan data di dalamnya akan tersimpan rapi serta aman. Berikut beberapa tips mudah untuk merawat hard drive portable.

1.
Jangan asal cabut kabel penghubung

 Banyak orang atau bahkan pakar IT yang menyarankan agar menggunakan fasilitas "safely remove hardware" sebelum memutuskan integrasi atau hubungan antara hard drive dengan PC atau laptop.

Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi bad sector pada piringan hard drive. Bad sector itu salah satunya dapat disebabkan karena pemutusan aliran listrik secara mendadak dari pusat yang mengakibatkan jarum pembaca dan plate berbenturan dan tergesek.

2.
Lakukan defragmentasi dan scan virus

Seperti halnya sebuah perangkat komputer atau juga laptop, sebuah hard drive external juga memerlukan defragmentasi serta scan virus minimal satu bulan sekali.

Memang defragmentasi bukan membuat hard drive menjadi tidak mudah rusak, namun proses baca setelah dilakukan defragmentasi akan lebih mudah. Serta scan virus berfungsi untuk menghindarkan serangan virus atau malware jahat yang akan merusak data.

3.
Jangan memindah-mindahkan perangkat

 Maksudnya adalah diharapkan untuk tidak memindahkan perangkat seperti laptop ketika sedang terhubung dengan external hard drive dan dalam keadaan aktif. Hal ini bertujuan agar menghindari terjadinya goncangan.

Goncangan atau benturan yang terjadi ketika perangkat komputer dan hard drive terhubung dan aktif dapat membuat bad sector pada plate HDD dan hal tersebut akan membuat beberapa data di dalamnya menjadi corrupt atau bahkan rusak secara permanen.

4.
Letakkan di permukaan yang datar

 Diharapkan untuk meletakkan hard drive external pada permukaan yang mendatar ketika sedang aktif atau tertancap dengan perangkat komputer. Hal ini bertujuan untuk meringankan kerja platter dan jarum magnet di dalamnya.

Apabila diletakkan di daerah yang tidak datar, maka dikhawatirkan jarum magnetik akan bergerak menjauh dari platter dan menyebabkan data tidak dapat terbaca.

5.
Pasang fan di dekat HDD

 Pemasangan fan atau kipas angin di dekat external hard drive ini bertujuan untuk menjaga suhu dari perangkat agar tetap dingin. Apabila HDD menjadi panas, maka kinerja juga akan melemah.

6.
Tidak ada perangkat elektronik yang bertahan selamanya

 Istilah di atas memang benar adanya, karena semua perangkat elektronik mempunyai umur atau masa aus. Maka disarankan untuk melakukan back-up data secara berkala seandainya masa aus dari perangkat tersebut tiba.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template