Comments

Sunday, June 28, 2015

20 Tanda-Tanda Awal Kanker Yang Tidak Disadari

Posted by at 9:06 PM Read our previous post
Kita telah sering mendengar penyakit kanker payudara, kanker rahim, kanker paru-paru dan sebagainya yang baru disadari oleh mereka saat berada di titik kritis dan tidak dapat lagi diobati. Menakutkan tapi inilah yang banyak terjadi. Memang selama ini penderita kanker baru menyadari dirinya terkena kanker ketika penyakitnya sudah berada pada stadium akhir.

Deteksi pada tingkat kritis ini amatlah terlambat. Sakit biasa yang kita abaikan selama bisa jadi bibit kanker yang menyerang tubuh, tanda-tanda penyakit ini sudah ada tetapi kita sering mengabaikannya. Kita mengasumsikan tanda-tanda itu sebagai tidak ada apa atau cuma sakit biasa saja, nanti pasti sembuh. Berikut adalah tanda-tanda peringatan kanker yang perlu Anda perhatikan. 

1) Sakit perut atau gangguan pencernaan perut. Salah satu tanda-tanda awal penyakit kanker usus besar adalah berulang kali mendapat atau mengalami sakti perut tanpa sebab. 

2) Sakit yang seperti sesuatu menusuk masuk ke pancreas mungkin tanda kanker pancreas. 

3) Perut kram dan sakit perut berkelanjutan. Pertanda kanker hati, mungkin juga leukemia karena pada saat ini, limpa sedang dibesarkan, menekan sebelah kiri perut yang sedikit rendah. 

4) "Asam lambung" kronis atau rasa perut penuh setelah makan yang sedikit.Tanda awal yang paling umum untuk kanker perut adalah nyeri di bagian perut atas atau tengah perut. Anda merasa bagaikan perut Anda dipenuhi gas dan selalu rasa mulas. Ini mungkin terjadi setelah Anda makan dan rasa kenyang walaupun Anda baru makan sedikit saja. Karena rasa sakit ini dapat dihilangkan jika Anda makan obat mengandung antacid, Anda mungkin mengabaikan saja sakit itu. 

5) Kehilangan berat badan. Anda seorang yang tidak aktif tetapi jika berat badan Anda turun tanpa bisa dijelaskan penyebabnya. Ketahuilah bahwa ini adalah pertanda awal kanker kolon. 

6) Penyakit kuning atau demam kuning. Kanker pancreas, satu lagi salah satu "pembunuh diam" sering ditemui ketika seseorang menderita penyakit kuning. Penyakit kuning adalah kuning kulit atau kuning kornea mata tetapi urin menjadi lebih gelap dari biasa yang bukan disebabkan dehidrasi, tinja berwarna merah tanah liat bahkan penyakit kuning juga dapat menyebabkan iritasi akibat garam empedu yang terlepas memasuki aliran darah. 

7) mengi atau sesak napas. Sesak napas, sakit dada, atau darah keluar bersama air ludah adalah tanda-tanda kanker testis yang sudah menyebar ke paru-paru. 

8) Batuk kronis atau sakit dada. Beberapa jenis kanker, termasuk tumor, leukemia dan kanker paru-paru dapat menyebabkan gejala yang meniru batuk atau bronchitis yang parah. 

9) sering demam atau terkena infeksi. Ini bisa menjadi tanda-tanda leukemia, kanker sel darah yang dimulai di sumsum tulang. Leukemia menyebabkan sumsum tulang memproduksi sel darah putih yang tidak normal yang mengerumuni sel darah putih yang sehat, mengurangi daya tahan atau kemampuan melawan infeksi. 

10) Kesulitan menelan. Ia sering dikaitkan dengan kanker esofagus atau tenggorokan, kesulitan menelan kadang-kadang salah satu dari tanda-tanda awal kanker paru-paru juga. 

11) Bengkak muka. Beberapa pasien dengan kanker paru-paru mengalami bengkak atau kemerahan di wajah. Ini terjadi karena sel tumor kecil menghambat saluran darah di dada, mencegah darah mengalir dengan bebas dari kepala dan muka. 

12) Nodus limfa yang bengkak di daerah leher, ketiak atau pangkal paha (benjolan). Pembesaran limfa di leher atau ketiak kadang-kadang adalah tanda tiroid, kanker otak atau kanker tenggorokan. Bengkak yang tidak menyakitkan pada leher, ketiak atau pangkal paha adalah juga tanda awal leukemia. 

13) Lebam parah atau perdarahan yang tidak berhenti. Gejala tidak normal pada trombosit dan sel darah merah bisa menjadi tanda-tanda leukemia.Tanda-tandanya adalah gusi berdarah saat menggosok gigi dan memar di tempat-tempat seperti jari dan tangan. 

14) Sembelit, diare dan perubahan dalam tinja bisa menjadi tanda-tanda kanker. Seperti banyak gejala kanker lain, jika itu terjadi lebih dari beberapa hari tanpa alasan yang jelas, seperti flu atau keracunan makanan. Mereka yang didiagnosa menderita kanker kolon sering mengatakan bahwa mereka lebih sering buang air besar dan masih tidak merasa lawas. Salah satu tanda-tanda awal kanker pankreas adalah najis berminyak, besar tetapi lebih pucat dari biasa dan berbau sangat busuk karena tubuh tidak menyerap makanan seperti seharusnya. 

15) Sulit buang air kecil. Tanda-tanda awal kanker prostat adalah Anda tidak bisa kencing meskipun Anda merasa hendak kencing. Bila sudah kencing pula anda sulit berhenti. 

16) Masalah ereksi. Sulit mendapatkan atau mempertahankan ereksi adalah juga tanda Anda mengidap kanker prostat. 

17) Sakit pada pangkal paha, pinggul atau perut. Satu tanda lain kanker prostat adalah pria sering sakit di bagian pinggang, paha atau bagian paling rendah di belakang. Kanker prostat yang telah menyebar ke kelenjar getah bening merupakan ketidaknyamanan dalam pelvis atau bengkak di kaki. 

18) Sakit belakang yang tidak diketahui penyebabnya. Sakit punggung bisa berarti segala macam hal. Sakit di belakang pinggang dan lebih rendah dapat menjadi tanda kanker prostat, sedangkan nyeri di bagian belakang atas tanda kanker paru-paru. Sakit di bagian perut atas dan belakang adalah salah satu dari beberapa tanda-tanda awal kanker pancreas. 

19) Kanker kulit mengacu pada rasa sakit kulit atau kulit yang tidak sembuh, menjadi berkerak atau berdarah dengan mudah. Kebanyakan kita tahu tahi lalat mungkin menunjukkan Anda ada kanker kulit tetapi cari juga tanda-tanda lain seperti benjolan kecil yang lilin atau sisik kering. Biasakan diri Anda dengan berbagai jenis kanker kulit - melanoma, sel basal karsinoma dan karsinoma sel skuamosa dan periksa kulit dengan teliti di seluruh tubuh untuk mendeteksi pertumbuhan yang terlihat aneh atau bintik. 

20) Perubahan pada kuku. Perubahan yang tidak dapat dijelaskan pada kuku bisa menjadi tanda beberapa jenis kanker. Coretan coklat atau hitam atau titik di bawah kuku dapat menunjukkan kanker kulit. Jika ada pembesaran ujung jari, dengan bagian ujung kuku melengkung ke bawah bisa menjadi tanda kanker paru-paru. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template