Comments

Sunday, June 28, 2015

Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan

Posted by at 8:13 PM Read our previous post
Bulan Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam, pada bulan ini seluruh umat muslim berkomitmen untuk menjalankan satu bulan penuh dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Puasa merupakan salah satu ibadah wajib di bulan ramadhan, di mana seluruh umat muslim akan menahan diri dari makan dan minum dan hawa nafsu lainnya dari fajar hingga maghrib.
Puasa akan mempengaruhi pola asupan nutrisi sepanjang hari. Makanan yang terbatas pada pagi dan sore hari, menyebabkan metabolisme tubuh menyesuaikan asupan makanan Anda. Pada hari pertama Anda melakukan puasa mungkin mengalami ketidaknyamanan dikarenakan seluruh sistem tubuh Anda sedang beradaptasi dengan pola makan Anda yang hanya dilakukan pada saat berbuka dan sahur. Namun,  hari selanjutnya Anda akan mulai terbiasa dan kesehatan yang baik dapat Anda pertahankan dengan mengkonsumsi gizi yang cukup selama waktu makan tersebut (sahur dan berbuka). Berikut adalah beberapa tips diet sehat selama bulan ramadhan: 

1. Anda dapat mengatur jadwal makan Anda selama bulan Ramadhan. Waktu makan Anda dapat dibagi menjadi tiga kali makan. Jadwalkan seperti hari di luar bulan ramadhan. Anda dapat mengibaratkan bahwa sahur adalah makan pagi ketika puasa dimulai, buka puasa adalah snack malam dan setelah menjalankan sholat magrib adalah makan malam. Hal ini dapat membantu pencernaan Anda sehingga tidak kaget dengan asupan makanan, terburu-buru makan pada saat berbuka akan menggagu kesehatan pencernaan Anda.

2. Sertakan makanan karbohidrat kompleks yang kaya serat, seperti yang ditemukan dalam biji-bijian misalnya, roti gandum, beras merah, kacang, buah-buahan dan sayuran. Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah selain dicerna dengan lama juga kandungan seratnya sangat tepat jika ada dalam menu sahur Anda. Dengan serat makanan yang terkandung di dalam karbohidrat kompleks membantu meningkatkan kadar glukosa darah yang baik dan membantu menjaga kestabilannya. Puasa di siang hari juga bisa meningkatkan kadar asam lambung dan menyebabkan perasaan sakit atau tidak nyaman. Makanan dengan tinggi serat selama makan malam dapat membantu menetralkan asam ini dan mengurangi rasa sakit.

3. Selama Ramadhan berbuka puasa dengan mengkonsumsi yang manis seperti kolak merupakan tradisi yang melekat di masyarakat indonesia.Padahal bagi Anda yang mengalami diabetes akan mengganggu kesehatan selain itu bagi yang normal makanan dan minuman yang terlalu manis justru akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Sehingga jikapun Anda memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi yang manis, pilih yang manis alami yang terkandung di dalam buah-buahan seperti kurma atau jus buah lainnya dengan tambahan gula sedikit saja. Snack dengan rasa yang manis berlebih ketika berbuka membuat selera makan Anda hilang atau bahkan menundanya padahal proses metabolisme di dalam tubuh membutuhkan beberapa nutrisi lain yang bisa Anda dapatkan pada menu makan malam.

4. Ketika bulan ramadhan snack yang digoreng sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Padahal terlalu banyak minyak dalam menu makan Anda dapat memicu beberapa penyakit dalam tubuh Anda. Variasikan menu makan Anda dengan direbus, dipanggang atau ditumis dengan minyak yang sedikit.

5. Makan perlahan dan mengunyah makanan dengan baik. Karena Anda belum makan sepanjang hari, sehingga kecenderungan untuk ingin makan dalam jumlah besar dan makanan dengan cepat. Ingat bahwa dibutuhkan 20 menit untuk perut Anda memberitahu otak sehingga makanlah dengan porsi kecil terlebih dahulu.

6. Berjalan di malam hari selama minimal 30 menit adalah kegiatan rutin yang ideal. Berjalan tidak hanya akan membantu metabolisme Anda, tetapi juga membantu pikiran Anda tetap jernih. Namun, jika Anda sudah makan makan besar, darah harus pindah ke sistem pencernaan Anda dari otot-otot Anda, sehingga jalan cepat langsung setelah makan berat bukanlah ide yang baik.Tunggu 1-2 jam setelah makan sebelum melakukan aktivitas berat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template