Comments

Saturday, February 23, 2013

Menyusui satu jam setelah lahir hindarkan bayi dari kematian

Posted by at 5:38 AM Read our previous post

Menyusui bayi satu jam setelah melahirkan ditengarai ampuh untuk mencegah 830.000 kematian bayi setiap tahunnya. Air Susu Ibu (ASI) adalah senjata terbaik untuk melawan kekurangan nutrisi pada bayi, ungkap badan amal Save the Children.
Satu jam dan beberapa hari setelah melahirkan, ibu memproduksi air susu yang disebut colostrum, bahan alami yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun dalam beberapa negara, menyusui bayi pada satu jam awal kelahiran bukanlah hal yang biasa dilakukan secara tradisional.
Salah satunya adalah di Ethiopia. Wanita di Ethiopia tidak terbiasa menyusui anaknya selama tiga hari pertama setelah melahirkan. Hal ini kemudian membuat antibodi anak mereka lemah. Bayi di Ethiopia biasanya diberikan minuman lain seperti teh herbal, air gula, atau lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang tidak disusui oleh ibunya lebih rentan meninggal akibat pneumonia atau diare, seperti dilansir oleh BBC (18/02).
Sebuah penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa ibu dengan tingkat pendidikan rendah menyusui anak mereka beberapa hari setelah dilahirkan. Sementara ibu dengan pendidikan tinggi menyusui anak mereka lebih cepat.
Pengetahuan mengenai pentingnya menyusui pada awal-awal jam kelahiran dan beberapa hari setelahnya perlu disebarkan ke seluruh dunia, agar banyak ibu yang mengetahui pentingnya memberikan ASI pada waktu tersebut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template