Comments

Wednesday, February 20, 2013

7 Fakta tersembunyi seputar menstruasi

Posted by at 4:28 AM Read our previous post

Meski setiap bulan wanita kerap mengalami tamu bulanan alias menstruasi, namun kebanyakan wanita tak tahu bagaimana cara tubuh mereka bekerja terkait menstruasi siklus bulanan yang mereka alami ini. Survei di Australia pada tahun 2012 menunjukkan bahwa hanya 13 persen wanita yang bisa menjawab dengan benar mengenai menstruasi mereka.
Berikut adalah beberapa fakta menyangkut menstruasi yang bisa jadi belum diketahui oleh wanita, seperti dilansir oleh Huffington Post (07/02).
1. Wanita bisa hamil bahkan saat menstruasi
Memang jarang terjadi, namun hal ini mungkin. Jadi jangan merasa aman ketika melakukan hubungan seksual saat menstruasi. Jika tak ingin hamil, sebaiknya tetap gunakan pengaman.
2. Masa paling subur ketika ovulasi
Ovulasi adalah proses dilepaskannya sel telur pada ovarium. Biasanya ini terjadi di tengah-tengah siklus menstruasi. Gunakan alat penghitung ovulasi untuk mengetahui dengan pasti kapan Anda sampai pada masa subur.
3. Jika menstruasi tidak lancar
Menstruasi yang tidak lancar bisa berarti banyak hal. Misalkan ketika menstruasi terlambat atau maju, serta waktu menstruasi yang lebih dari tujuh hari. Biasanya hal ini disebabkan oleh turunnya berat badan secara ekstrem, stres berat, penggunaan obat-obatan kanker, serta kehamilan. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika sering mengalami menstruasi yang tak teratur.
4. Walt Disney membuat film tentang menstruasi
Pada tahun 1946, Walt Disney membuat film berjudul "The Story of Menstruation" sebagai film pendidikan untuk kelas tentang seks. Kabarnya ini adalah film pertama yang menggunakan kata 'vagina'.
5. Lebih bergairah saat menstruasi
Hormon progesteron yang bekerja dengan menurunkan libido sedang ada pada pasa terendah ketika seseorang menstruasi, sehingga ini membuat wanita lebih bergairah dan segar.
6. Menstruasi masih tabu di beberapa tempat
Di Indonesia menstruasi adalah hal wajar yang bisa dialami oleh wanita. Wanita yang sedang menstruasi tak akan diperlakukan dengan berbeda. namun lain halnya dengan di beberapa daerah India. Wanita yang sedang menstruasi diharapkan tak menyentuh bahan makanan atau membantu memasak. Mereka percaya bahwa sayuran akan jadi layu dan makanan akan jadi buruk jika dimasak oleh wanita yang sedang menstruasi.
7. Darah pertama dalam iklan
Pada tahun 2011, Always adalah perusahaan pertama yang menunjukkan darah pada iklan pembalutnya. Meski begitu, ini hanya ada pada versi cetak. Tampaknya menampilkan darah di atas pembalut masih tabu untuk diangkat ke iklan televisi.
Itulah beberapa fakta seputar menstruasi yang mungkin tak Anda ketahui. Dengan membaca fakta di atas para wanita bisa mengenal dirinya serta siklus menstruasi yang dialaminya dengan lebih baik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template