Comments

Saturday, February 23, 2013

Ini penyebab wanita lebih cerewet daripada pria

Posted by at 5:28 AM Read our previous post

Dibanding pria, wanita dikenal lebih suka ngobrol, cerewet, atau bahkan bergosip. Hal ini seringkali dikaitkan dengan kodrat dan sifat alami wanita. Namun ternyata, baru-baru ini peneliti menemukan penyebab ilmiah mengapa wanita lebih cerewet dibanding pria.
Berdasarkan penelitian yang ada, wanita lebih banyak bicara dibanding pria. Jika dalam sehari pria bisa mengucapkan hingga 7.000 kata, wanita bisa bicara 20.000 kata. Kepandaian dalam bidang tutur dan bahasa ini ternyata dipengaruhi oleh protein pada otak wanita.
Di dalam otak terdapat protein yang diproduksi oleh gen bernama FOXP2. Protein tersebut bertanggung jawab terhadap kemampuan seseorang untuk berbicara. Peneliti di University of Maryland School of Medicine telah menemukan bahwa otak wanita mengandung 30 persen protein FOXP2 lebih banyak dibandingkan pria.
"Ini bukanlah kesimpulan akhirnya, namun ini bisa dikatakan sebagai satu penyebab mengapa wanita lebih verbal dibandingkan pria," ungkap ketua peneliti Mike Bowers, seperti dilansir oleh NY Daily News (21/02).
Peneliti menekankan bahwa pemahaman terhadap bagaimana gen bisa mempengaruhi kemampuan bicara manusia masih harus digali lebih jauh lagi. Penelitian yang masih tergolong kecil ini dianggap belum mampu memberikan kesimpulan besar atas perbedaan gender serta gen dalam otak manusia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template