Comments

Monday, April 22, 2013

5 Tips tumbuhkan tanaman sehat bebas pestisida

Posted by at 4:59 AM Read our previous post
5 Tips tumbuhkan tanaman sehat bebas pestisida
 
















 Orang merayakan Hari Bumi dengan banyak cara. Beberapa dengan membersihkan rumah dan lingkungan sekitar, beberapa dengan menghijaukan lingkungan mereka. Namun ada salah satu cara yang bisa membantu menghijaukan bumi sekaligus bermanfaat untuk kesehatan Anda, yaitu menumbuhkan sayuran sehat di rumah Anda sendiri.
Menanam sayuran bisa memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan makanan yang sehat tanpa khawatir pestisida. Selain itu, Anda juga sudah ikut ambil bagian dalam menghijaukan lingkungan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk bisa menumbuhkan sayuran sehat di rumah, seperti dilansir oleh Huffington Post (21/04).
1. Gunakan tanah dan pupuk organik
Apa yang Anda berikan pada tanah akan masuk ke tanaman, kemudian masuk dalam tubuh Anda. Untuk itu, memilih tanah dan pupuk yang baik sangat menentukan kualitas tanaman yang Anda tumbuhkan. Pupuk penting untuk pertumbuhan tanaman karena membuat tanaman menghasilkan lebih banyak dan tumbuh cepat. Meski begitu, sebaiknya gunakan pupuk dan tanah organik.
2. Sistem mulching
Mulching adalah cara pengolahan tanah menggunakan bagian tanaman yang sudah tak terpakai. Misalkan daun-daun yang sudah mati atau sisa-sisa tanaman yang masih segar. Cara ini baik untuk menjaga kelembapan tanah dan menambahkan nutrisi pada tanaman. Terutama selama musim panas, dan jika tanaman Anda sering terkena matahari.
3. Perhatikan kadar matahari
Tanaman buah-buahan membutuhkan matahari untuk memproduksi buah setidaknya enam sampai delapan jam sehari. Mendapatkan banyak matahari semakin baik untuk tanaman buah. Namun beberapa tanaman juga hanya membutuhkan empat sampai lima jam cahaya matahari. Jika ingin tanaman Anda tumbuh dengan baik, perhatikan kebutuhannya atas matahari. Anda bisa meletakkannya di luar rumah agar tanaman terkena matahari.
4. Kebutuhan air
Kebanyakan buah mengandung air. Ini berarti Anda harus menjaga agar tanaman Anda yang menghasilkan buah diairi dengan baik. Tanaman buah membutuhkan air setiap hari. Tanaman yang kekurangan air tak akan bisa memproduksi makanan atau buah. Mengecek tanah setiap hari bisa membantu Anda mengetahui apakah tanaman mengalami kekeringan atau kadar air sudah cukup. Sebaiknya tanah terasa lembap dan lembut.
5. Tak punya lahan? Gunakan wadah kecil
Di kota besar menemukan lahan berkebun mungkin susah didapatkan. Namun Anda bisa melakukannya menggunakan wadah atau kontainer. Tentu saja Anda juga harus menyesuaikan dengan jenis tanaman apa saja yang bisa ditanam dalam wadah yang terbatas. Meski begitu, menumbuhkan tanaman dalam kontainer bisa memberikan Anda kesempatan untuk memilih tanah yang terbaik.
Itulah beberapa tips untuk menumbuhkan sendiri sayuran dan buah-buahan di rumah Anda dengan cara organik. Mudah bukan? Selain bermanfaat, ini bisa jadi satu langkah bagi Anda untuk menyelamatkan bumi di Earth Day tahun ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template