Comments

Friday, April 26, 2013

Kreativitas ternyata juga punya sisi negatif

Posted by at 4:44 AM Read our previous post
Kreativitas ternyata juga punya sisi negatif


Berpikir dengan fokus bisa membantu orang yang kreatif untuk mencapai kesuksesan. Namun kesuksesan ini ternyata memiliki harga yang harus dibayar. Kebanyakan orang kreatif yang terlalu fokus seringkali kehilangan kemampuan untuk berpikir fleksibel.
Hasil ini ditemukan peneliti di Northwestern University setelah mengamati 74 mahasiswa. Mereka dibedakan berdasarkan tingkat kreativitas dalam bidang musik, menulis, memasak, dan sains, seperti dilansir oleh US News (25/04).
Masing-masing partisipan diberikan 128 tantangan yang harus dikerjakan masing-masing dalam waktu satu detik. Mereka diminta untuk menebak gambaran besar dari suatu hal berdasarkan satu bagiannya saja. Pada tantangan ini, mahasiswa harus fokus pada detail sebelum akhirnya mengalihkan fokus mereka pada gambaran yang lebih besar, dan sebaliknya.
Setelah mempertimbangkan perbedaan kecerdasan dan kecepatan reaksi, peneliti menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki tingkat kreativitas dan pencapaian kreativitas yang tinggi melakukan lebih banyak kesalahan (sembilan persen) dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak begitu kreatif (sekitar dua persen).
Beberapa ahli menjelaskan bahwa kreativitas sebagian juga bergantung pada kemampuan untuk berpikir fleksibel. Namun hasil ini menunjukkan bahwa orang kreatif yang berhasil sukses justru perlahan mulai kehilangan kemampuan tersebut dan hanya fokus pada satu aspek saja.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template