Comments

Tuesday, April 30, 2013

Sepasang bintang dukung kebenaran teori relativitas Einstein

Posted by at 4:56 AM Read our previous post

Sepasang bintang dukung kebenaran teori relativitas Einstein
Sepasang bintang yang mengorbit satu sama lain hampir 7 ribu tahun cahaya membuktikan kebenaran dari teori relativitas yang ditemukan oleh Albert Einstein.
Seperti yang dilansir oleh The Telegraph (26/4), hal ini pertama kali diketahui oleh para astronom yang mengukur semburan energi yang dihasilkan dari masing-masing bintang neutron tersebut. Hasilnya, gaya gravitasi yang diciptakan ternyata mampu menciptakan sebuah kerutan terstruktur yang membuktikan kebenaran teori Einstein yang ditemukannya pertama kali tahun 1915.
Hasilnya, bintang neutron ini memiliki gravitasi 300 miliar kali lebih besar dari yang dimiliki oleh Matahari kepada Bumi. Padahal, jarak antar bintang ini hanyalah 19 kilometer saja.
Diyakini, akibat dari gaya ini, kedua bintang tersebut pun akan saling mendekat dan menciptakan energi yang semakin kuat. Saking kuatnya, energi ini pun akan terasa pula hingga ke Bumi.
Teori relativitas Einstein sendiri menjelaskan bagaimana gravitasi sebagai sebuah gaya yang disebabkan karena kehadiran dari massa dan energi. Sejak dikeluarkan hampir seabad yang lalu, tak ada satu teori pun yang bisa membantah teori relativitas ini.
Meski begitu, para fisikawan masih belum percaya bahwa teori Einstein ini dapat berdiri sendiri. Mereka yakin bahwa masih ada lagi beberapa teori terkait di alam semesta ini yang turut menyokong kebenaran teori relativitas tersebut.
Hanya saja, terlalu luasnya alam semesta masih menjadi penghambat para peneliti. Hingga saat ini, alih-alih menemukan sebuah teori gravitasi baru, para peneliti masih kesulitan menemukan teori turunan dari teori relativitas ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template