Comments

Monday, April 22, 2013

Yuk, jadikan setiap hari sebagai Earth Day!

Posted by at 4:58 AM Read our previous post
Yuk, jadikan setiap hari sebagai Earth Day!


Earth Day atau Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April. Akan tetapi, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan setiap hari sebagai Earth Day. Apa saja? Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Care2 berikut ini.
  • Sadarkan panca indra Anda terhadap lingkungan sekitar. Ayo keluar dan rasakan, apakah hari mendung atau panas? Bagaimana bentuk awan di atas sana? Apakah Anda mendengar suara burung berkicau?
  • Mematikan keran air ketika Anda menggosok gigi atau mencuci tangan adalah cara kedua menjadikan setiap hari sebagai Earth Day. Sebab kebiasaan tersebut mampu menghemat puluhan liter air bersih di dunia.
  • Selain keran air, matikan listrik yang tidak dipakai. Gunakan lampu halogen yang meskipun harganya lebih mahal, tingkat keawetannya lebih tinggi daripada lampu pendar.
  • Untuk menghindari polusi, Anda sebaiknya meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor. Jadi jika ingin keluar rumah yang jaraknya dekat, sebaiknya jalan kaki atau gunakan sepeda kayuh.
  • Kenali 10 benda yang bisa didaur ulang. Menurut National Recycling Coalition, 10 benda yang penting untuk didaur ulang adalah aluminium, botol plastik tipis, botol plastik tebal, koran, kardus, kaleng, kaca, majalah, kertas, dan komputer.
  • Katakan tidak pada penggunaan plastik atau kertas yang berlebihan. Jadi jika pergi ke supermarket, lebih baik bawa kantung belanjaan sendiri.
  • Berpikirlah dua kali sebelum mencetak dokumen. Sebab tak jarang setelah menekan tombol 'print', Anda justru tidak menggunakan dokumen tersebut.
  • Jika berbelanja sayuran dan buah-buahan, sebaiknya beli langsung di petani yang menanamnya. Dengan begitu Anda sudah bisa hemat karena memangkas proses dan biaya produksi agar sayur maupun buah sampai ke supermarket.
  • Cara paling sederhana namun jarang dilakukan banyak orang untuk menjadikan setiap hari sebagai Earth Day adalah buang sampah pada tempatnya. Jika Anda juga begitu, hentikan kebiasaan buruk tersebut sekarang juga!

Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk merayakan Earth Day setiap hari. Punya saran lain?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template