Comments

Thursday, April 25, 2013

8 Tips untuk membaca lebih banyak buku

Posted by at 5:29 AM Read our previous post

8 Tips untuk membaca lebih banyak buku
Beberapa orang memang gemar membaca, namun tak jarang juga ada orang yang kesulitan untuk membaca banyak buku. Di Hari Buku sedunia ini tak ada salahnya Anda mencoba untuk memperbanyak bacaan.
Berikut adalah beberapa tips bagi Anda untuk bisa membaca lebih banyak buku dan menikmati buku yang Anda baca, seperti dilansir oleh Challies.com (17/09/07).
1. Memulai membaca
Jika ingin membaca banyak buku, langkah pertama tentu saja membaca. Bagi Anda yang tak suka membaca, kemungkinan Anda harus memaksa diri Anda untuk membaca. Cara termudah adalah menyisihkan waktu khusus untuk membaca, misalkan setiap hari Minggu, dua hari sekali, di malam hari, atau lainnya. Temukan satu buku yang sangat menarik bagi Anda. Jika tak suka dengan buku tebal, pilih yang lebih tipis, temukan buku dengan cover yang menarik bagi Anda dan lainnya.
2. Pilih topik yang luas
Salah satu alasan orang malas membaca adalah karena mereka memilih topik yang sempit. Hal yang mereka berputar-putar di satu titik dan membuat bosan. Jika Anda termasuk orang yang mudah bosan dan tak suka membaca, sebaiknya pilih bacaan yang tidak terlalu fokus ke satu hal saja. Coba baca hal-hal di luar bidang yang Anda minati untuk menambah pengetahuan.
3. Pilih buku dengan hati-hati
Benar, hati-hatilah ketika memilih buku. Salah pilih bisa membuat Anda bosan dan tak ingin membaca lagi. Sebaiknya pilih buku berdasarkan kategori sehingga Anda bisa merencanakan buku apa yang ingin Anda baca selanjutnya.
4. Berinteraksi dengan buku
Buku tak hanya untuk dibaca, tapi juga dipelajari. Ketika membaca buku, jangan jadi pembaca yang pasif. Anda boleh mendebat apa yang dituliskan oleh pengarang, meragukannya, atau bahkan menanyakan kebenaran tulisannya. Dengan begitu Anda akan lebih bersemangat membaca buku karena otak Anda ikut bekerja, berinteraksi dengan buku tersebut. Setelah itu, temukan dari sumber lain hal yang menunjang pendapat pengarang atau pendapat Anda sendiri.
5. Baca buku berbobot
Tentu saja, siapa yang tidak takut melihat buku setebal 600 halaman lebih di rak. Anda mungkin berpikir apa bisa membaca semuanya. Namun terkadang Anda harus meluangkan waktu untuk membaca buku-buku tebal yang berbobot dan serius itu. Tentu saja tak usah langsung habis atau membacanya dengan cepat. Namun membaca buku berbobot bisa memberikan pelajaran pada Anda serta menumbuhkan kebiasaan membaca yang rutin.
6. Baca buku ringan
Jika bosan dengan buku yang sedang Anda baca, tak ada salahnya berhenti untuk membaca buku yang lebih ringan, misalkan novel yang tipis atau kumpulan cerpen. Cerita-cerita fiksi akan menyegarkan pikiran Anda dan membuat imajinasi Anda lebih kreatif.
7. Baca buku baru
Perhatikan buku-buku yang baru terbit dan populer. Dengan begitu Anda tak akan pernah ketinggalan berita. MEngetahui buku yang populer, baru, dan menjadi best seller akan memberikan Anda pertimbangan untuk membacanya atau tidak. Lagipula dengan mengawasi buku-buku baru yang terbit, Anda tak akan ketinggalan berita mengenai buku-buku yang sedang tren dan bagus.
8. Baca buku lama
Meski membaca dan mengikuti buku baru juga penting, membaca buku lama juga bisa memberikan Anda banyak manfaat. Dalam buku-buku lama, Anda juga bisa mendapatkan banyak pelajaran. Agar tak bosan cobalah untuk membaca satu buku lama setiap dua buku baru terbit.
Itulah beberapa tips untuk membaca buku lebih banyak dan lebih baik. Selamat membaca!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template