Comments

Monday, April 29, 2013

Cara mencegah kekerasan pada anak

Posted by at 5:39 AM Read our previous post

Cara mencegah kekerasan pada anak
Kekerasan pada anak merupakan kejahatan sosial dan budaya yang dapat merusak masa kecil anak-anak yang tak berdosa. Sebagai orang tua, tugas pertama dan utama Anda, adalah untuk memastikan bahwa anak Anda tidak mengalami kekerasan. Tetapi, ini tidak sesederhana kedengarannya. Anda harus menjadi orang tua yang sangat waspada untuk bisa melindungi anak-anak Anda dari kekerasan anak.

Masalah terbesarnya kini adalah bahwa anak-anak terkadang tidak mengerti definisi dari kekerasan itu sendiri. Itu sebabnya, mereka sering tidak menyadari ketika kekerasan itu terjadi pada mereka. Yuk simak tips dari Boldsky!

Jelaskan pada mereka apa itu kekerasan pada anak

Ini tidak semudah yang dibayangkan karena anak kecil belum memiliki pemahaman sedalam itu tentang yang namanya kekerasan pada anak. Di sisi lain, kebanyakan orang tua enggan menggunakan kata-kata seperti seks atau penganiayaan di depan anak-anak. Namun diam juga bukan jawaban terbaik untuk mencegah itu terjadi pada mereka. Anda harus berbicara dengan anak-anak Anda secara terbuka sehingga mereka mampu memahami apa itu kekerasan pada anak. Salah satu cara sederhana untuk menjelaskan tentang kekerasan pada anak, adalah untuk mengatakan bahwa mereka tidak boleh membiarkan siapapun menyakiti mereka.

Lakukan ini untuk melindungi anak-anak Anda dari kekerasan:

1. Perhatikan orang-orang yang berada di sekeliling anak Anda
Perhatikan siapa yang berpotensi untuk melakukan kekerasan pada anak Anda. Curiga itu tidak dosa, asal kecurigaan Anda memiliki dasar yang jelas.

2. Jangan meninggalkan anak-anak sendirian tanpa ada satupun orang terdekat Anda yang mengawasi mereka

Pastikan bahwa Anda selalu menitipkan anak Anda pada orang terdekat yang Anda percaya. Misalnya saja, menitipkan anak pada orang tua Anda.

3. Kenali adanya tanda-tanda kekerasan pada anak

Tak ada salahnya untuk mengecek apakah anak Anda benar-benar mengalami kekerasan di sekolah atau tidak. Pastikan itu dengan sesekali melihat tanda-tandanya di tubuh anak Anda.

4. Kenali rasa takut yang dialami anak Anda

Apakah akhir-akhir ini anak Anda jadi pendiam? Atau terlihat ketakutan setiap kali ingin berangkat ke suatu tempat, khususnya sekolah? Selidiki apa yang membuatnya merasa demikian dan tanyakan secara perlahan padanya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template