Comments

Monday, April 1, 2013

10 Langkah mengatasi cemas saat tampil di depan umum

Posted by at 4:56 AM Read our previous post
10 Langkah mengatasi cemas saat tampil di depan umum
Ketika akan tampil di depan umum, sebenarnya wajar jika Anda merasa cemas. Namun jangan sampai kecemasan itu menghambat Anda untuk menunjukkan yang terbaik. Jadi coba simak langkah mengatasi cemas saat tampil di depan umum, seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.
Membiasakan diriCemas bisa menyebabkan suara gemetaran ketika Anda tampil di depan umum. Namun setelah satu menit berlalu, gemetaran itu pasti akan hilang. Anda akan lebih percaya diri jika sudah terbiasa dengan rasa cemas saat akan tampil di depan umum.
Mengalihkan perhatianKunci dari tetap tenang adalah tidak mencemaskan bahwa Anda sedang cemas sebelum tampil di depan umum. Jadi, alihkan perhatian seperti melakukan meditasi agar membuat perasaan takut cemas itu pergi.
PersiapanSebelum benar-benar tampil, Anda bisa berlatih terlebih dahulu di depan cermin. Misalnya jika Anda harus presentasi saat rapat, lakukan latihan di depan cermin seolah Anda benar-benar sedang mengalaminya.
Mengenal audiensiAudiensi atau peserta yang mengikuti acara selama Anda tampil di depan umum harus dikenali dengan baik. Bayangkan tentang hal yang bisa membuat Anda mampu mengontrol kecemasan di tengah-tengah audiensi tersebut.
Suasana tenangKetika Anda akan melangkah di depan umum dan disambut dengan tepuk tangan, biarkan suasana menjadi tenang terlebih dahulu sebelum bicara. Setelah itu, ucapkan terima kasih dan segera mulai presentasi atau pidato Anda.
Kalimat pembukaAda kalanya Anda juga membutuhkan beberapa baris kalimat pembuka jika akan tampil di depan umum. Jangan sepelekan hal berikut ini karena jika Anda melupakan baris pertama, seluruh penampilan Anda bisa berantakan.
Mencairkan suasanaJika suasana ketika Anda akan tampil di depan umum begitu kaku, cobalah untuk mencairkannya terlebih dahulu. Lemparkan guyonan yang lucu agar Anda bisa tampil dengan lebih baik.
Mengontrol pikiranKetika tampil di depan umum, Anda sebaiknya fokus dan tidak memikirkan hal lain. Sekali Anda kehilangan kontrol dalam pikiran, semuanya bisa berantakan dalam sekejap.
InteraksiJangan bicara seperti memberi kuliah pada pendengar. Mereka akan bosan. Lakukan interaksi dan anggap Anda sedang mengobrol dengan mereka. Selain menciptakan suasana yang lebih santai, akan timbul interaksi yang membuat Anda lebih nyaman saat bicara.
Kertas contekanAnda juga bisa menggunakan kertas contekan untuk mencegah baris yang lupa dikatakan ketika tampil di depan umum. Namun jangan terlalu sering membacanya jika tidak ingin dianggap kurang persiapan.
Demikian beberapa langkah untuk mengatasi cemas saat tampil di depan umum. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template