Comments

Monday, April 1, 2013

4 Masalah keuangan yang harus dibicarakan suami istri

Posted by at 5:05 AM Read our previous post
 4 Masalah keuangan yang harus dibicarakan suami istri
Masalah finansial merupakan salah satu hal yang harus dipikirkan dalam pernikahan. Harus ada kejelasan baik untuk masa kini dan masa depan. Jangan sampai masalah keuangan menjadi bumerang bagi keharmonisan rumah tangga Anda. Berikut empat masalah keuangan yang harus dibicarakan dengan pasangan dilansir galtime (18/3).

1. Tabungan
Sudah tak dipungkiri lagi, tabungan adalah hal mutlak bagi siapa saja, terlebih pasangan suami istri. Setiap bulan tentu ada pengeluaran untuk makan, listrik, air, serta biaya lainnya. Anda dan pasangan harus membicarakan berapa uang yang dikeluarkan sebagai tabungan. Anda juga harus memperhitungkan apakah jumlah tabungan tersebut nantinya bisa membantu Anda, kapan saja harus menabung.

2. Surat wasiat
Surat ini akan menjamin kejelasan tentang aset atau harta yang dimiliki oleh si pemberi dan si penerima wasiat. Namun, masih banyak yang kurang menyadari tentang surat wasiat ini. Pembagian harta warisan sering menimbulkan pertengkaran. Tak ada salahnya merancang surat wasiat sejak awal, mulai lah diskusi dengan meminta pasangan Anda untuk pendapat mereka dalam memilih wali. Cobalah untuk tidak bereaksi negatif jika Anda tidak setuju dengan jawabannya.

3. Investasi
Upaya ini bisa menjadi hobi bagi Anda dengan hasil yang menggiurkan. Anda dan pasangan bisa membicarakan dengan pakar keuangan mengenai investasi apa yang cocok untuk kalian berdua. Investasi adalah bekal untuk keuangan masa depan Anda. Kini banyak berbagai macam pilihan investasi. Tinggal memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

4. Asuransi
Asuransi rumah, kesehatan, jiwa dan pendidikan diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi. Tak ada yang tahu kapan musibah datang, dengan adanya asuransi bisa meringankan beban biaya jika suatu hari mengalami cobaan. Apalagi biaya pendidikan semakin mahal, jika tidak dipersiapkan dengan matang, bagaimana Anda membiayai pendidikan anak? Asuransi bisa menyiapkan biaya pendidikan anak kita, bahkan jika hal buruk terjadi itu akan dibantu oleh asuransi.

Adanya keterbukaan dan saling memahami tentang keuangan dalam rumah tangga tentu akan menguntungkan bagi kehidupan Anda dan pasangan. Jadi mulai sekarang bersikap terbuka dan sering berdiskusi tentang hal ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template