Comments

Friday, April 19, 2013

Ingin lebih produktif? Jangan lakukan 8 hal ini

Posted by at 5:21 AM Read our previous post
Ingin lebih produktif? Jangan lakukan 8 hal ini!


Semua orang ingin tahu cara agar lebih produktif setiap harinya. Namun terkadang yang dibutuhkan bukanlah apa yang harus dilakukan melainkan apa yang tak boleh dilakukan agar lebih produktif.
Berikut adalah hal-hal yang harus mulai Anda tinggalkan agar menjadi lebih produktif, seperti dilansir oleh Inc.com (08/04).
1. Mengecek telepon ketika berbicara dengan orang lain
Anda pasti pernah melakukannya. Ketika berbicara dengan orang lain, kemudian telepon Anda bergetar atau berdering Anda akan langsung menjawabnya dan mengabaikan orang yang Anda ajak bicara. Setidaknya jika tidka mengatakan "Sebentar..." Anda pasti sudah berhenti bicara, tidak memperhatikan, dan bermain dengan telepon Anda. Jangan lakukan ini, karena kebiasaan ini sangat tak menyenangkan bagi orang lain. Jika ingin dihargai dan dihormati oleh orang lain, hentikan kebiasaan ini. Anda akan melihat efeknya terhadap pekerjaan Anda.
2. Tidak melakukan hal lain saat rapat
Ketika rapat seolah membosankan, tentu Anda berpikir untuk melakukan pekerjaan lain sambil mendengarkan rapat. Ini adalah kebiasaan buruk, karena selain Anda tidak menyimak rapat dengan baik, pekerjaan yang Anda lakukan juga menjadi tak maksimal. Cara paling mudah untuk menjadi yang paling cerdas saat rapat adalah dengan memperhatikan dengan seluruh fokus Anda.
3. Perhatikan orang yang berarti dalam hidup Anda
Jangan berikan perhatian Anda pada orang-orang yang tak ada pengaruhnya pada hidup Anda. Berikan perhatian pada orang yang pantas mendapatkannya, misalkan keluarga, karyawan, pekerjaan, teman, dan lainnya.
4. Jangan terlalu mudah mengalihkan perhatian
Ini sering terjadi pada semua orang. Ketika ada pemberitahuan masuk, baik berupa e-mail, pesan, tweet, atau apapun, mereka akan langsung mengeceknya dan mengabaikan pekerjaan yang sedang dilakukan. Jangan melakukan hal ini. Biarkan saja notifikasi itu masuk, namun Anda harus tetap berfokus pada pa yang Anda lakukan. Setelah itu, cek satu per satu pemberitahuan yang masuk. Jika ada yang penting segera jadwalkan pengerjaannya atau kerjakan langsung jika memang harus. Setelah itu, kembali fokus pada pekerjaan.
5. Belajar dari kesalahan
Semua orang terperangkap dalam kesalahan masa lalu. Ini bisa membuat mereka takut mengambil risiko atau hal negatif lainnya. Hal yang bisa Anda lakukan dengan kesalahan adalah belajar darinya, kemudian lepaskan. Masa lalu adalah pembelajaran dan latihan untuk keberhasilan Anda di masa depan.
6. Menunggu sukses
Sukses tidak ditunggu melainkan dilakukan. Bagaimana jika Anda ragu bahwa Anda akan sukses? Jangan menunggu hingga Anda yakin. Anda harus melakukan apa yang bisa dilakukan saat ini untuk menggapai kesuksesan di masa depan. Anda tak perlu menunggu kesempatan atau keyakinan untuk sukses. Buat kesempatan Anda sendiri, dan yakinilah!
7. Bergosip
Selain menghabiskan waktu, bergosip bisa memberikan banyak dampak buruk pada karir Anda. Alih-alih bergosip lebih baik gunakan waktu Anda untuk percakapan yang lebih bermanfaat untuk pekerjaan. Anda akan semakin produktif dan mendapatkan respek dari rekan kerja lainnya.
8. Mengatakan 'iya' dengan terpaksa
menolak permintaan rekan kerja, teman, atau atasan memang hal yang sulit. Namun sebenarnya mengatakan 'tidak' tk memiliki efek seburuk yang Anda kira. Orang akan mengerti dan paham mengapa Anda tak bisa melakukannya, jika memang tidak bisa. Jika Anda mengatakan 'iya' karena terpaksa, bisa dipastikan Anda tidak akan fokus dan mengerjakan hal itu dengan sepenuh hati. Hasilnya tentu juga akan setengah hati.
Itulah beberapa hal yang sebaiknya tak lagi Anda lakukan saat bekerja. Kebiasaan di atas akan menghalangi Anda untuk lebih produktif setiap hari.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template