Comments

Monday, April 1, 2013

3 Langkah untuk merekrut lulusan terbaik

Posted by at 5:45 AM Read our previous post
3 Langkah untuk merekrut lulusan terbaik
Semua pimpinan di perusahaan pasti berharap bisa merekrut lulusan terbaik dari universitas yang bisa bekerja sesuai dengan harapan mereka. Craig Vodnik, presiden marketing dari industri Cleverbridge memberikan tips yang cukup mencengangkan jika Anda ingin merekrut lulusan universitas terbaik, yaitu: Abaikan gelar sarjana mereka!
Salah satu cara terbaik untuk merekrut orang yang penuh antusiasme dan energi adalah dengan merekrut fresh graduate. Namun, perekrutan tak berhenti di situ. Menurut Vodnik, Anda juga harus melakukan beberapa langkah berikut ini, seperti dilansir oleh Inc.com (25/03).
1. Abaikan gelar
Jangan berkompetisi dengan perusahaan lain yang mencari gelar terbaik dari setiap lulusan universitas. Yang paling penting adalah mencari gelar yang sesuai dengan bisnis yang harus dilakukan. Tak hanya itu, carilah orang yang memiliki passion dan kecintaan pada bidang bisnis tersebut, meski gelar mereka tak sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Vodnik mencontohkan bahwa jika seseorang belum menjadi programmer, dia masih bisa menjadi salah satunya jika dia mencintai matematika dan musik. Perhatikan juga kemampuan tersembunyi yang ada di setiap lulusan. Mungkin mereka tak akan jadi programmer hebat, namun bisa jadi mereka memiliki keahlian sebagai marketing yang ulung.
2. Investasikan uang untuk training
Orang yang tak memiliki kemampuan bagus dalam programming namun memiliki kecintaan dalam bidang ini tentu tak bisa bekerja maksimal pada hari pertama kerja. Untuk itu, perusahaan yang cerdas pasti akan berusaha memberikan training untuk meningkatkan kemampuan mereka. Kebanyakan perusahaan membuat kesalahan dengan tidak memberikan pelatihan pada karyawan. Mereka melihatnya sebagai pengeluaran dan bukannya manfaat dalam jangka panjang.
3. Jangan tunggu sampai mereka lulus
Jangan tunggu seseorang sampai dia lulus. Jika mereka memiliki kemampuan untuk bekerja, maka segera pekerjakan mereka. Anda bisa mempekerjakan mereka sebagai pekerja paruh waktu, kemudian berubah menjadi pekerja tetap ketika mereka lulus. Saat wawancara temukan anak muda yang penuh antusiasme dan cerdas yang berusaha menunjukkan kemampuan mereka pada Anda. Ini memberikan kesempatan pada mereka untuk mengetahui perusahaan dan membangun hubungan sebelum mereka lulus. Jika menunggu lulus, bisa jadi mereka akan beralih ke perusahaan lain.
Itulah tiga langkah yang harus dipikirkan perusahaan ketika mereka mencari lulusan terbaik untuk dipekerjakan. Gelar tak selamanya menjadi jaminan, yang membuat seseorang layak bekerja adalah kemampuan dan kemauan yang dimiliki karyawan untuk bekerja.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template