Comments

Friday, April 5, 2013

6 Gejala stres yang tak boleh diabaikan

Posted by at 5:14 AM Read our previous post

Stres bisa berdampak besar baik secara fisik maupun mental. Selain beberapa gejala stres umum seperti sakit kepala, kehilangan nafsu makan, tubuh juga mengalami gejala lain ketika seseorang merasa stres.
Berikut adalah beberapa gejala yang dirasakan oleh tubuh ketika seseorang merasakan stres, seperti dilansir oleh Health Me Up (01/04).

1. Kepala

Stres tentu saja sangat berpengaruh pada bagian kepala. Seseorang yang mengalami stres akan merasa depresi, selalu, cemas, mood yang berubah-ubah, memikirkan hal-hal negatif, serta mengalami kelainan tidur.

2. Jantung dan paru-paru

Stres seringkali menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah pada jantung, fluktuasi, jantung yang berdebar-debar, dan lainnya.

3. Kulit

Beberapa gejala stres yang tampak pada kulit adalah berkeringat, eksim, dan mengalami psioriasis.

4. Otot

Stres juga bisa mempengaruhi kesehatan otot seseorang. Ketika mengalami stres, seseorang cenderung mengalami rasa nyeri pada bagian otot atau mengalami otot kaku.

5. Sistem pencernaan

Tak jarang juga stres mempengaruhi sistem pencernaan seseorang. Misalkan menyebabkan nafsu makan hilang, iritasi pada usus besar, atau sariawan lambung.

6. Sistem reproduksi

Meski tampak tak saling berkaitan, namun stres juga berpengaruh terhadap sistem reproduksi seseorang. Stres menyebabkan seseorang kekurangan gairah seks, penurunan testosteron, serta disfungsi ereksi.
Gejala-gejala di atas biasanya diabaikan oleh kebanyakan orang atau disalahartikan sebagai penyakit lainnya. Padahal gejala di atas juga merupakan pertanda stres. Mengatasi stres adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gejala di atas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template