Comments

Monday, April 8, 2013

Merasa stres saat bekerja? Lakukan latihan pernapasan!

Posted by at 5:09 AM Read our previous post
Merasa stres saat bekerja? Lakukan latihan pernapasan!
Tekanan pekerjaan dan waktu istirahat yang terbatas membuat Anda harus sering melakukan latihan pernapasan. Mengapa? Karena cara bernapas yang baik dapat mengurangi tingkat stres. Latihan pernapasan juga menjadi cara termudah untuk mengontrol emosi dan kecemasan. Oleh karenanya, bagi Anda yang memiliki pekerjaan rentan stres, sangat penting untuk mengetahui teknik pernapasan yang tepat untuk membebaskan diri dari stres yang tidak diinginkan dan mengembalikan fokus. Nah, berikut adalah latihan pernapasan yang dapat membantu Anda bersantai dan menyegarkan suasana hati Anda di tempat kerja, seperti dilansir Boldsky.

1. Tarik napas dan keluarkan

Metode ini efektif untuk orang-orang dengan kecemasan dan tingkat stres yang tinggi. Dalam latihan ini, Anda harus menarik napas dalam-dalam selama 5 hitungan, tahan napas Anda selama 4 hitungan dan hembuskan napas selama 6 hitungan. Namun, latihan pernapasan ini tidak dianjurkan untuk orang dengan masalah jantung.

2. Relaksasi pernapasan dalam

Teknik ini melibatkan proses mengambil napas dalam-dalam dari bagian bawah perut Anda (Anda dapat merasakan udara melalui paru-paru dan perut) dan biarkan keluar melalui hidung Anda dalam hitungan 5 detik. Ini adalah latihan pernapasan yang sangat efektif untuk bersantai saat Anda merasakan kram atau sakit - yang biasanya berhubungan dengan posisi duduk.

3. Kapalabhati

Cara terbaik untuk menyingkirkan racun dalam tubuh Anda adalah dengan melakukan Kapalabhati. Mulailah dengan menghirup udara lambat dari hidung, diikuti dengan mengeluarkan napas cepat dari perut. Ulangi langkah sebanyak 9-10 kali selama dua kali sehari. Wanita hamil dan wanita dengan masalah rahim tidak disarankan untuk mencoba latihan pernapasan ini di kantor ataupun di rumah.

4. Menyeimbangkan pernapasan

Menyeimbangkan napas yang diikuti dengan kontrol diafragma yang sempurna adalah cara terbaik untuk mengatasi stres. Untuk menyeimbangkan napas, Anda harus terus menarik napas dalam sesering yang Anda bisa dan kemudian mengeluarkannya dalam-dalam. Hirup dan hembuskan napas dalam 4 hitungan. Teknik ini harus dilakukan melalui hidung dan paru-paru yang membawa fleksibilitas besar untuk diafragma dan menyinkronkan pernapasan. Latihan sederhana ini dapat menenangkan seluruh sistem saraf sehingga terjadi pendinginan tubuh secara alami yang pada akhirnya dapat menghilangkan stres.

5. Bhramari pranayam

Tutup mulut tetapi biarkan rahang Anda tetap santai. Ambil napas dalam-dalam dari paru-paru dan ketika Anda mengembuskan napas berdengunglah seperti dengungan lebah yang biasa Anda dengar pada nada rendah selama 2-3 menit. Latihan ini juga berguna bagi orang-orang dengan kelumpuhan, migrain, sinus dan wanita hamil.

Inilah lima latihan pernapasan yang dapat Anda lakukan di tempat kerja. Sangat mudah dan wajib untuk dicoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template