Comments

Thursday, April 11, 2013

Pertimbangkan 5 hal ini sebelum berdiet!

Posted by at 5:16 AM Read our previous post

Pertimbangkan 5 hal ini sebelum berdiet!
Berdiet bisa jadi salah satu jalan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun seseorang tak bisa memulai diet begitu saja. Cara diet yang dilakukan bisa saja salah atau tidak sesuai sehingga alih-alih menjadi sehat, tubuh semakin bermasalah karena diet.
Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan diet, seperti dilansir oleh Health Me Up (08/04).
1. Diet bisa berbeda-beda untuk semua orang
Banyak jenis diet yang bisa dipilih, dan satu jenis diet belum tentu sesuai untuk semua orang. Diet yang berhasil untuk satu orang bisa saja tak berhasil untuk orang lain. Untuk itu, sangat penting mengetahui jenis diet yang anda pilih serta keadaan kesehatan Anda sendiri. Ketahui nutrisi yang anda butuhkan, komposisi tubuh, serta kondisi kesehatan Anda sebelum memulai diet. Ini akan membantu menentukan jenis diet yang sesuai dan makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi selama diet.
2. Tentukan target kesehatan Anda
Apa yang ingin Anda dapatkan dengan melakukan diet? Apakah ingin mengontrol tekanan darah, diabetes, atau ingin melangsingkan tubuh untuk acara pernikahan? Berfokus pada tujuan Anda akan mempermudah untuk memilih jenis diet. Jangan sekali-kali mencoba diet yang instan, lebih baik tentukan target kecil setiap bulannya.
3. Apakah diet yang Anda lakukan aman?
Jangan asal memilih jenis diet, kemudian melakukannya. Sebaiknya Anda mengenali dengan jelas jenis diet yang Anda lakukan. Apakah diet tersebut aman dilakukan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda mendiskusikan jenis diet yang Anda lakukan dengan ahli nutrisi dan diet.
4. Penuhi nutrisi selama diet
Meski melakukan diet, sebaiknya perhatikan apakah nutrisi Anda terpenuhi. Hal ini berlaku untuk mikronutrisi maupun makronutrisi. Tanyakan pada diri sendiri atau ahli nutrisi dan diet, apakah Anda telah memenuhi nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak yang akan menyuplai energi dan memenuhi kebutuhan tubuh Anda sehari-hari.
5. Apakah suplemen diet diperlukan?
Jika Anda berpikiran untuk mengonsumsi suplemen diet, sebaiknya pikirkan lagi. Apakah Anda benar-benar memerlukannya, apakah suplemen tersebut aman? Ingat bahwa tak ada minuman ajaib yang bisa membuat Anda langsing atau membuat diet berhasil dengan instan. Lebih baik Anda menjalani diet yang wajar secara teratur daripada mengonsumsi suplemen diet yang kemungkinan bisa berdampak buruk bagi tubuh.
Itulah lima hal yang sebaiknya Anda perhatikan ketika akan melakukan diet. Setelah mempertimbangkan hal tersebut, Anda bisa mulai memilih die yang sesuai dengan kesehatan tubuh dan tujuan Anda, kemudian melakukannya. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan ahli nutrisi dan ahli diet, untuk memastikan diet anda terpantau dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template