Comments

Friday, April 5, 2013

Sering mengecek email tingkatkan efisiensi kerja

Posted by at 5:03 AM Read our previous post

Kebanyakan ahli memberikan saran yang sama mengenai email, yaitu bahwa pekerja tak boleh terlalu sering mengecek email mereka. Pilih satu atau dua email dan jangan melihat email lainnya. Membaca semua email bisa membuat karyawan tak bekerja efisien dan produktif.
Namun, Minda Zetlin dari Inc.com (26/03) menjelaskan bahwa pendapat para ahli tersebut salah. Bagaimana bisa? Alasannya adalah sebagai berikut.

1. Email adalah tempat bekerja

Bagi beberapa pekerjaan, seperti editor atau pekerja di bidang bisnis online, email adalah tempat bekerja. Di email editor bisa saling berbagi ide, pekerjaan, tugas terbaru, mendapatkan umpan balik dari pembaca, berkoordinasi dengan rekan kerja, dan lainnya. Pekerjaan ini sangat terbantu dengan adanya email. Bagi para pekerja di dunia online, email adalah tempat mereka bekerja.

2. Tidak membaca email membuat tim tak efisien

Sekali lagi, dalam bisnis online tak semua karyawan harus melakukan perbincangan lewat tatap muka. Seringkali mereka berdiskusi lewat email. Hal ini membuat mereka lebih berhemat waktu dan tenaga. Bayangkan saja untuk selalu melakukan rapat bersama 20 orang untuk membahas banyak hal. Kemudian membicarakan hal lain dengan tim yang berbeda. tentu akan sangat melelahkan. Menggunakan email akan mempermudah semuanya.
Untuk itu, setiap orang dalam tim diharapkan untuk sering membaca email. Jika salah satu pihak tidak segera membalas email yang berkaitan dengan tanggung jawabnya, maka bisa dipastikan kalau kinerja tim tersebut tak akan efisien.

3. Ketinggalan informasi penting

Jarang mengecek email bisa menyebabkan seseorang melewatkan informasi penting. Padahal informasi tersebut bisa saja sangat diperlukan untuk melakukan pekerjaan. Untuk itu, mengecek email sesering mungkin bagi beberapa jenis pekerjaan tertentu sangat dibutuhkan untuk menerima informasi secepat mungkin yang berkaitan dengan pekerjaannya.
Itulah beberapa alasan bahwa mengecek email sesering mungkin dibutuhkan oleh orang dalam bidang pekerjaan tertentu. Bagaimana dengan pekerjaan Anda, apakah mengecek email sesering mungkin bisa membantu atau malah mengganggu pekerjaan Anda?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template