Comments

Friday, April 12, 2013

Soda: Semakin dilarang, semakin ingin diminum

Posted by at 4:54 AM Read our previous post

Soda: Semakin dilarang, semakin ingin diminum
Minuman soda memang sudah sering disebutkan tidak baik bagi kesehatan. Namun membatasi jumlah konsumsinya bukan pilihan bijak. Sebab semakin dibatasi, masyarakat justru semakin banyak minum minuman bersoda.
Hal tersebut disampaikan oleh para peneliti dari University of California, San Diego, yang dikepalai oleh Brent Wilson.
Menurut tim peneliti, pembatasan soda ukuran jumbo di Amerika membuat masyarakat membeli minuman bersoda ukuran sedang dan kecil dalam jumlah yang lebih banyak.
Penelitian tersebut tepatnya melibatkan 100 mahasiswa yang kebanyakan di antara mereka adalah mereka. Para responden kemudian diberi tiga menu makanan cepat saji dengan paket ukuran minuman bersoda yang berbeda.
Menu pertama menawarkan 500 ml, 750 ml, dan 1 liter soda. Kedua, minuman bersoda dalam kemasan 500 ml dan dua buah 400 ml. Dan terakhir hanya 500 ml kemasan minuman bersoda.
Hasilnya, kebanyakan responden justru membeli paket makanan cepat saji dan dua buah minuman bersoda yang berukuran 400 ml.
"Penelitian kami membuktikan kalau larangan penyebaran minuman bersoda ukuran jumbo memberi dampak buruk bagi konsumen maupun restoran cepat saji," tutur Wilson, seperti yang dikutip dari Today Health.
Peneliti juga menambahkan bahwa pemerintah Amerika perlu lebih percaya pada masyarakatnya dalam menentukan ukuran minuman bersoda saat membelinya. Sehingga keputusan untuk melarang peredaran minuman bersoda ukuran jumbo tidak perlu dilakukan.
Hasil penelitian tersebut pun dilaporkan dalam jurnal Public Library of Science (PLOS).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template