Comments

Wednesday, April 3, 2013

Tingkatkan metabolisme tanpa olahraga

Posted by at 4:56 AM Read our previous post
Tingkatkan metabolisme tanpa olahraga
Menjaga metabolisme tubuh adalah suatu kewajiban untuk meningkatkan kesehatan Anda. Metabolisme adalah proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tiap manusia untuk beraktivitas. Menjaga metabolisme ternyata bukan cara yang sulit lho. Berikut cara mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, dilansir ivillage (27/3).

1. Makan nanas
Nanas mengandung enzim bromelain yang bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan. Enzim bromelain pada buah nanas juga dipercaya sangat baik untuk penderita batuk.

2. Konsumsi makanan organik
Makanan yang mengandung bahan kimia pestisida dapat mengurangi metabolisme tubuh. Sementara sayuran organik mengandung antioksidan hingga 50% lebih banyak dibanding makanan non-organik. Mengonsumsi makanan organik mengurangi risiko penyakit jantung, kanker secara signifikan.

3. Meditasi
Ternyata bahwa meditasi teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme. Meditasi membantu Anda mengendalikan stres dengan baik yang kemudian meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Minum Teh hijau
Bahan kimia yang ditemukan dalam teh hijau membantu mempercepat metabolisme dan mengurangi indeks massa tubuh. Sebagai manfaat tambahan, beberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau menurunkan LDL (kolesterol jahat).

5. Mandi air dingin
Mandi air dingin akan meningkatkan sistem imun Anda karena sel-sel darah putih akan bertambah. Sel darah putih berfungsi untuk mempertahankan tubuh Anda terhadap infeksi, penyakit dan bahan-bahan asing.

6. Hindari koktail dan minuman alkohol
Minuman alkohol memiliki dampak yang mengerikan untuk masa depan Anda. Menghentikan konsumsi alkohol mulai dari sekarang adalah pilihan terbaik. Sebab dapat mengurangi risiko kanker serta penyakit lainnya. Tanpa alkohol, Anda akan menghemat uang dan membuat tidur lebih nyenyak.

7. Mencium jeruk dan peppermint
Jeruk dan peppermint akan merangsang sistem saraf yang pada gilirannya menaikkan metabolisme. Ternyata aroma mentega pada popcorn dan stroberi saat berolahraga akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori juga.

8. Konsumsi makanan pedas
Makanan pedas bisa membuat Anda menangis, di samping itu makanan ini membakar kalori Anda. Karena makanan pedas meningkatkan denyut jantung, sehingga lebih banyak energi yang digunakan ketika dicerna. Artinya lebih banyak kalori terbakar.

9. Jangan duduk terus menerus
Salah satu penyebab terbesar obesitas adalah duduk di tempat kerja dalam jangka lama. Kabar baiknya adalah bahwa berdiri untuk waktu dapat membakar kalori, terlebih jika dilakukan selama satu tahun. Terlalu lama duduk juga tidak baik untuk kesehatan.

10. Banyak tertawa
Para peneliti memperkirakan bahwa tertawa 100 kali sama dengan mendayung selama 10 menit atau bersepeda selama 15 menit. Selain itu, tertawa dapat mengurangi stres dan meningkatkan metabolisme tubuh.

11. Minyak zaitun
Konsumsi satu sendok minyak zaitun setiap hari untuk meningkatkan metabolisme dengan mempercepat laju oksidasi lemak. Sifat antioksidan di dalamnya juga bagus untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

12. Sinar matahari
Menerima paparan sinar matahari selama lima menit sama dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda. Selain itu dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Cukup mudah bukan menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh? So, tunggu apa lagi, segera lakukan cara di atas agar tubuh senantiasa sehat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template