Comments

Monday, April 8, 2013

Ungkap kesehatan tubuh dan mental lewat mimpi

Posted by at 5:20 AM Read our previous post
Ungkap kesehatan tubuh dan mental lewat mimpi
Dalam berbagai kebudayaan, mimpi tak sekedar dilihat sebagai bunga tidur. Mimpi bisa dijadikan sebuah pertanda untuk mengungkap banyak hal, salah satunya adalah kesehatan. Berikut adalah beberapa hal dalam bidang kesehatan yang bisa diungkap lewat mimpi seseorang, seperti dilansir oleh Huffington Post (27/03).
1. Demam
Kebanyakan orang tak menyadari mereka terkena demam. Namun mimpi buruk bisa memberikan tanda. Keadaan tubuh yang lemah dan demam bisa memicu munculnya mimpi buruk, berdasarkan Mayo Clinic. Jika Anda sering mendapat mimpi buruk, sebaiknya segera cek kesehatan keesokan harinya.
2. Stres dan depresi
Terlalu banyak berpikir bisa membuat seseorang menjadi stres dan tidak menyadarinya. Terkadang, stres juga bisa ikut ke alam mimpi Anda dan memberi pertanda. Beberapa mimpi yang muncul ketika seseorang merasa stres antara lain mimpi seperti ketinggalan pesawat, terkena hal buruk, atau lainnya. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa mimpi yang muncul akibat stres bisa membantu seseorang untuk mengetahui masalah yang sebenarnya.
3. Tingkat gula darah rendah
Ketika pasien diabetes kekurangan gula darah, salah satu gejala yang muncul adalah mimpi buruk, berdasarkan WebMD. Menggunakan terlalu banyak insulin atau obat-obatan bisa memicu penurunan tingkat gula darah yang disebut hypoglycemia. Tentu saja, orang yang memiliki diabetes pasti sudah mengetahui gejala lain dari hypoglycemia selain mimpi buruk. Namun bisa saja penurunan tingkat gula darah terjadi ketika tidur.
4. Kehamilan
Kebanyakan wanita lebih sering bermimpi ketika mereka hamil. Dalam waktu kehamilan sembilan bulan, jumlah mimpi yang muncul semakin banyak. Mimpi yang dialami ibu bisa jadi mimpi yang indah atau buruk. Namun mimpi buruk seringkali lebih menguntungkan. Sebuah penelitian di israel menunjukkan bahwa wanita hamil yang sering bermimpi buruk memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami depresi pasca-melahirkan.
5. Saatnya berkonsultasi dengan spesialis mental
Stres dan kecemasan yang berlebihan seringkali membuat orang sering bermimpi buruk. Jika berlanjut hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mental Anda. Tak jarang juga mimpi buruk yang berlebihan dan terus mengganggu tidur seseorang bisa menandakan adanya kelainan mental, seperti kelainan bipolar atau trauma. Jika mimpi yang Anda rasakan terasa sangat mengganggu ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.
Itulah beberapa hal yang bisa diungkapkan mimpi mengenai kesehatan Anda, baik fisik maupun mental. Coba cek lagi, apakah Anda sering bermimpi buruk akhir-akhir ini?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template