Comments

Monday, April 8, 2013

7 Makanan yang membahayakan planet Bumi

Posted by at 5:04 AM Read our previous post
7 Makanan yang membahayakan planet Bumi
Menyelamatkan planet Bumi sama artinya dengan meminimalisir sampah dan memotong penggunaan energi. Namun bagaimana dengan makanan? Ternyata beberapa makanan juga berperan membahayakan planet Bumi. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Reader Digest Asia berikut ini.
Daging kambingButuh 39,2 kilogram gas rumah kaca untuk menghasilkan satu kilogram daging kambing di atas piring Anda, hal itu disampaikan oleh pihak Environmental Working Group. Sekitar 80 persen polusi juga terjadi di peternakan, sisanya energi terbuang dalam bentuk transportasi dan proses pengepakan daging.
Daging sapiKarena butuh banyak energi, air, dan sumber lain untuk membesarkan sapi, dagingnya pun termasuk sebagai salah satu makanan yang membahayakan planet Bumi. Contohnya, satu kilogram daging sapi membutuhkan 27 kilogram efek rumah kaca.
KejuEmisi karbon dari keju adalah 13,5 setiap satu kilogram yang dikonsumsi seseorang. Bukan cuma butuh hewan yang harus dikembangbiakkan demi menghasilkan susu untuk membuat keju, proses produksinya pun memakan banyak biaya dan energi. Makanya pembuatan keju menghasilkan banyak sekali karbondioksida.
Daging babiSebagai salah satu daging yang juga paling banyak dikonsumsi masyarakat, babi sama seperti sapi. Pemeliharaan, pemotongan, pengepakan, dan segala macam proses distribusi daging babi sampai ke tangan masyarakat juga begitu banyak membuang energi.
SalmonSalmon liar memang aman dan tidak masalah jika dikonsumsi, tetapi berbeda ceritanya jika salmon berasal dari perkembangbiakan perikanan. Sebab daging salmon tersebut sering terkontaminasi dengan polusi yang berasal dari antibiotik dan senyawa kimia lainnya.
KalkunSetiap satu kilogram daging kalkun, sebanyak 10,9 kilogram gas rumah kaca dihasilkan. Itulah yang menjadikan kalkun sebagai salah satu makanan yang membahayakan planet Bumi.
AyamProduksi tahunan daging ayam biasanya menghasilkan sampah bulu ayam hingga delapan ton per tahun. Bisa dibayangkan betapa bahayanya daging ayam bagi kelestarian planet ini.
Fast foodTerakhir, ada fast food yang juga termasuk membahayakan planet Bumi. Sebab bukan cuma proses pembuatannya yang membutuhkan banyak energi, sampah dari pembungkusnya pun menambah kotoran di seluruh dunia.
Itulah berbagai makanan yang sebenarnya membahayakan planet Bumi. Mulai sekarang, batasi konsumsinya untuk meminimalisir kebutuhan energi dan pembuangan sampahnya!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template