Comments

Thursday, March 28, 2013

4 Cara melindungi diri dari kanker usus

Posted by at 5:21 AM Read our previous post
4 Cara melindungi diri dari kanker usus
Kanker usus adalah jenis kanker kedua penyebab kematian di Amerika Serikat. Sekali terkena, sulit untuk menyembuhkan kanker usus. Namun tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker usus.
Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker usus, seperti dilansir oleh Third Age (21/03).
1. Memeriksakan diri
Melakukan pemeriksaan bisa dilakukan untuk mengetahui adanya kemungkinan tumbuh polip atau gejala kanker awal. Pria dan wanita disarankan untuk mulai melakukan pemeriksaan ketika berusia 50 tahun. Kanker usus biasanya tidak menunjukkan gejala. Jadi jangan tunggu sampai ada gejala yang muncul, bisa jadi sudah terlambat untuk memeriksakan diri. Segera periksakan diri sedini mungkin untuk mengetahui risiko Anda.
2. Ketahui faktor risiko
Beberapa orang yang memiliki faktor risiko tinggi sebaiknya memeriksakan diri lebih awal. Beberapa faktor risiko adalah adanya penyakit peradangan usus, sejarah kesehatan keluarga yang pernah terkena kanker usus, polip pada usus, atau beberapa penyakit keturunan yang bisa menyebabkan kanker usus. Sebaiknya tanyakan pada dokter kapan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan untuk kanker usus.
3. Berhenti merokok
Ada beberapa jenis gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker usus seperti berhenti merokok, mengurangi konsumsi daging merah atau daging olahan, serta menjaga berat badan dan rajin berolahraga. Perokok memiliki risiko terkena kanker usus yang lebih tinggi. Berhenti merokok dan perbanyak makan sayur.
4. Kanker usus tidak pandang bulu
Satu dari 20 orang terkena kanker usus pada bagian usus dan rectum, dan kanker usus bisa menyerang pria atau wanita. Meksi beberapa orang yang memiliki sejarah keluarga terkena kanker usus memiliki risiko tinggi, namun kebanyakan pasien kanker usus tidak memiliki sejarah kesehatan pada keluarganya. Sehingga jangan merasa aman dulu. Kanker usus bisa mengenai siapa saja.
Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai kanker usus dan bagaimana cara mencegahnya. Mulai sekarang jangan remehkan kanker ini dan terus jalani gaya hidup sehat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template