Comments

Monday, March 25, 2013

6 Fungsi mengontrol rasa takut bagi kesehatan mental

Posted by at 5:31 AM Read our previous post

Ketika berada dalam situasi yang berisiko tinggi, wajar jika Anda merasa ketakutan. Namun sebaiknya Anda berusaha untuk menguasainya. Sebab mengontrol rasa takut ternyata memberi manfaat bagi kesehatan mental. Bagaimana bisa? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

Wajar

Sebagian besar yang ditakuti orang-orang, baik itu kehilangan cinta, uang, atau seseorang, sebenarnya tidak mengancam nyawa. Meskipun Anda memang tidak bisa menghilangkan rasa takut itu sendiri, namun menyadarinya sebagai hal wajar dan tidak berlebihan akan membantu Anda melewati semuanya dengan baik.

Belajar

Jika Anda takut terjun karena di bawah ada jurang, perasaan itu memang wajar. Namun kalau takut menulis buku karena gagal, hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak masuk akal. Melawan rasa takut justru akan membantu Anda untuk belajar bahwa seseorang harus berusaha keras meskipun nantinya gagal.

Perlindungan

Terkadang seseorang ragu dalam mengambil keputusan karena takut akan hal buruk akan terjadi. Ketakutan itu seolah berbentuk sebuah perlindungan bagi diri sendiri. Namun tetap saja, jika Anda tidak mampu mengontrolnya, Anda akan selamanya terperangkap dalam perlindungan yang semu.

Berteman

Apakah Anda sudah pernah mencoba berteman dengan rasa takut? Misalnya menyebutnya dengan nama yang lucu atau konyol. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah mengontrol ketakutan dan menganggapnya sebagai teman kecil yang terkadang menyebalkan.

Bantuan

Setiap kali Anda merasa takut, coba pikirkan hal-hal yang mampu menguatkan Anda dan melawan ketakutan itu. Bantuan dalam diri sendiri tersebut pasti membuat Anda lebih percaya diri dan mampu menghilangkan rasa takut dengan penuh keberanian.

Orang lain

Cobalah untuk berkumpul dengan orang-orang yang berani menghadapi ketakutan. Minta mereka mengajari Anda. Sebab terkadang pendapat orang lain bisa menjadi masukan terbesar yang tidak Anda duga sebelumnya. Berteman dengan mereka juga mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda.
Itulah fungsi mengontrol rasa takut bagi kesehatan mental. Intinya, jangan terperangkap dalam ketakutan yang tidak akan membawa Anda ke mana-mana.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template