Comments

Monday, March 18, 2013

5 Cara hemat hidup mandiri

Posted by at 5:14 AM Read our previous post

Hidup sendiri tentu menyenangkan karena Anda bisa bebas pergi kemanapun Anda suka. Anda juga bisa melakukan hal apapun yang Anda suka tanpa takut dimarahi orangtua. Tetapi, hidup sendiri bisa jadi kacau jika Anda tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Yuk intip tips jitu mengelola keuangan untuk Anda yang hidup sendiri, dilansir dari allwomentalk.

1. Tempat tinggal yang tepat
Jika Anda hidup sendirian, maka cari tempat tinggal yang dekat dengan kantor atau sekolah Anda. Tinggal di dekat kantor akan menghemat anggaran Anda. Anda tak perlu mengalokasikan dana khusus untuk transport. Sehingga bisa jauh lebih hemat. Selain itu jarak yang dekat membuat Anda tak perlu khawatir terlambat atau terjebak macet.

2. Memasak sendiri
Membeli makanan di luar memang praktis dan enak. Anda tidak perlu repot memasak dan bisa langsung menyantap makanan dalam waktu yang cepat. Tapi tahukah Anda, membeli makanan jauh lebih boros daripada memasak. Jadi pertimbangkanlah untuk memasak sendiri. Anda bisa belajar memasak dan menjamin kebersihan makanan Anda.

3. Smart dalam berbelanja
Karena Anda hidup sendiri, maka Anda harus pandai mengelola keuangan. Belanja pada weekend akan menguntungkan karena beberapa supermarket menawarkan banyak potongan harga pada hari tersebut. Jika Anda menyukai merek tertentu, coba bandingkan dengan merek lain yang harganya lebih murah. Kalau manfaat dan fungsinya sama, mengapa Anda beli yang mahal? Lebih baik digunakan untuk menabung daripada membeli barang-barang mahal yang kurang bermanfaat.

4. Pertimbangkan membeli mobil
Anda ingin membeli mobil? Pertimbangkan dulu sebelum memutuskan membeli. Mempunyai kendaraan pribadi tentu akan lebih nyaman. Apakah Anda sanggup mengalokasikan dana untuk biaya bensin, perawatan, pajak dan sebagainya? Jika keuangan Anda mencukupi, Anda bisa membeli mobil. Namun, jika masih berat, sebaiknya urungkan niat tersebut agar Anda tidak tertekan dengan biaya pengeluaran yang membengkak.

5. Menyusun daftar anggaran
Sisihkan sedikit waktu untuk menyusun anggaran setiap bulan. Cara ini baik untuk melihat pasa saja barang-barang yang Anda butuhkan. Serta mengetahui berapa besar anggaran Anda tiap bulan. Namun, Anda juga harus tetap hemat, jangan membeli barang di luar anggaran agar pengeluaran tidak bertambah. Lakukan ini secara rutin dan rasakan manfaatnya.
Hidup sendiri memang gampang-gampang susah. Jika Anda bertekad untuk hidup sejahtera, maka pandai-pandailah mengelola keuangan dari sekarang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template