Comments

Monday, March 25, 2013

7 Dampak mengejutkan dari postur tubuh yang buruk

Posted by at 5:18 AM Read our previous post

Salah posisi ketika duduk membuat postur tubuh menjadi memburuk. Selain itu, punggung dan pundak pun ikut tersiksa karena sakit. Namun tahukah Anda, ternyata ada dampak mengejutkan lainnya dari postur tubuh yang buruk. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Daily Mail berikut ini.

Meningkatkan tekanan darah

 Postur tubuh yang buruk berkaitan dengan gangguan otot leher dan area tertentu pada otak yang bertugas meregulasi tekanan darah. Sehingga jika Anda tidak segera memperbaiki postur tubuh, Anda juga berisiko terserang hipertensi.

Gangguan kandung kemih

Beberapa wanita dilaporkan 'ngompol' ketika tertawa terlalu keras atau batuk. Hal itu disebabkan oleh adanya gangguan pada kandung kemih. Lantas apa hubungannya dengan postur tubuh yang buruk? Rupanya, jika tubuh tidak berdiri atau duduk dengan benar, kandung kemih gagal ditopang dengan baik dan menimbulkan kebocoran pada saluran urine.

Sedih dan malu

 Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan bahwa orang-orang yang memiliki postur tubuh buruk cenderung merasa depresi dan kehilangan energi. Mereka juga malu dan sedih karena kurangnya rasa percaya diri terhadap postur tubuhnya.

Memicu heartburn

Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluksi asam lambung. Biasanya penyebab heartburn adalah konsumsi makanan asam tinggi. Namun ternyata postur tubuh yang buruk juga mengganggu sistem pada dasar kerongkongan, sehingga terjadi refluksi asam yang memicu kondisi heartburn.

Memperparah asma

 Orang-orang dengan postur tubuh buruk pasti sering mengeluh kelelahan. Hal itu dikarenakan paru-paru mereka gagal menerima asupan oksigen secara maksimal. Sebab menarik napas dalam memang sulit dilakukan jika postur tubuh seseorang begitu buruk. Kondisi tersebut jelas memperparah penderita asma dan penyakit paru-paru.

Menyebabkan sakit kepala

Jika Anda sering merasa sakit kepala, perhatikan lagi bagaimana cara Anda duduk. Sebab ternyata postur tubuh buruk juga bisa menyebabkan sakit kepala. Kaku pada daerah leher, pundak, dan mata adalah hal yang memicu sakit tersebut.

Membuat perut kembung

Dampak mengejutkan terakhir dari postur tubuh yang buruk adalah perut kembung. Sebab tulang punggung merosot dan perut kehilangan volume normalnya. Kembung juga bisa dijadikan indikasi osteoporosis. Jadi setelah makan, sebaiknya Anda tidak langsung duduk atau tidur dengan postur yang buruk.
Itulah berbagai dampak mengejutkan dari postur tubuh yang buruk. Segera perbaiki cara duduk Anda agar semua hal itu tidak terjadi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template