Comments

Monday, March 18, 2013

5 Jenis rumput laut beserta khasiatnya

Posted by at 5:26 AM Read our previous post

Sayuran dari laut kini menjadi salah satu sumber makanan yang bergizi tinggi. Adalah rumput laut yang kaya akan nutrisi seperti berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
Jika Anda juga tertarik mencicipi makanan super yang satu ini, kenali dulu jenis-jenis rumput laut beserta khasiatnya. Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Care2 berikut ini.

1. Bull kelp (Nereocystis luetkeana)

Rumput laut yang satu ini kaya akan kalsium, magnesium, sodium, yodium, kalium, bromine, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks, serta vitamin A, C, D, E, dan K.
Beberapa kegunaan dari bull kelp adalah mengatasi insomnia, depresi, heartburn, dan masalah hiperaktivitas. Bull kelp sendiri punya rasa asin segar ala lautan setelah dikeringkan.

2. Kombu (spesies Laminaria)

Kombu kering memiliki rasa asin alami. Ketika dikunyah, kombu sedikit licin dan lebih enak jika dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
Kandungan nutrisinya tak jauh berbeda dengan bull kelp yang kaya akan yodium, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, sodium, kromium, protein, fosfor, karoten, vitamin A, C, D, E, K, dan B kompleks.
Untuk keperluan medis, kombu merupakan agen anti virus, ampuh meredakan nyeri otot dan sendi, menurunkan tekanan darah, memperbaiki kualitas tidur, menyembuhkan jaringan yang rusak, membantu menurunkan berat badan, sampai mencegah pertumbuhan tumor.

3. Bladderwrack (spesies Fucus)

Rumput laut bladderwrack lebih penuh cita rasa karena mirip seperti tiram. Rasa tersebut mengindikasikan adanya yodium yang tinggi pada bladderwrack. Selain yodium, rumput laut yang satu ini juga mengandung kalsium, kalium, protein, fosfor, vitamin A, C, D, E, K, dan B kompleks.
Bladderwrack adalah obat ampuh mengatasi kecemasan, depresi, dan menajamkan memori. Selain itu, rumput laut yang satu ini juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan, menambah energi, memperkuat tulang, dan mengurangi inflamasi.

4. Giant kelp (Macrocystis integrifolia)

Jika kering, giant kelp punya rasa asin yang ringan. Khasiatnya adalah menyehatkan tiroid, meregulasi hormon dan metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kaya antioksidan, dan menjaga kesehatan jantung.
Khasiat tersebut bisa didapatkan dari giant kelp karena di dalamnya mengandung kalium, sodium, kalsium, magnesium, sulfur, nitrogen, zat besi, zinc, boron, mangan, kromium, selenium, vitamin A, B (khususnya B12), C, D, E, K, dan asam lemak.

5. Wakame (spesies Alaria)

Wakame punya rasa asin dan gurih. Cocok dikonsumsi sebagai camilan. Meskipun demikian, kandungan nutrisi wakame tidak bisa disepelekan. Sebut saja kalsium, protein, zat besi, magnesium, sodium, fosfor, kalium, kromium, zinc, yodium, vitamin B kompleks, A, C, dan K.
Beberapa khasiat wakame untuk kesehatan adalah melemahkan sel tumor, detoksifikasi tubuh, menurunkan tekanan darah, membersihkan hati dan peredaran darah, serta menyehatkan kulit dan rambut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template