Comments

Monday, March 11, 2013

15 Makanan terbaik dan terburuk untuk pencernaan

Posted by at 5:56 AM Read our previous post

Menurut penelitian terbaru dalam jurnal Nature Immunology, sayuran dan buah-buahan adalah makanan terbaik bagi pencernaan. Selain itu, ada berbagai makanan lain yang baik dan juga buruk untuk pencernaan yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.
Buah dan sayurKedua makanan tersebut bagi pencernaan karena mengandung serat tinggi. Serat sendiri merupakan salah satu nutrisi yang berkhasiat untuk melancarkan buang air besar.
Gandum utuhBeberapa jenis makanan yang terbuat dari gandum utuh adalah brown rice dan tepung gandum. Sama seperti buah dan sayur, gandum utuh kaya akan serat dan baik bagi pencernaan.
PisangSalah satu buah yang memiliki manfaat kesehatan spesifik bagi pencernaan adalah pisang. Buah yang satu ini aman di lambung dan cocok dikonsumsi ketika Anda mengalami muntah dan diare.
Air putihAir putih memang sebenarnya bukan termasuk makanan, namun minuman ini juga baik bagi pencernaan. Sebab air membantu usus mendorong makanan untuk diproses dalam sistem pencernaan.
JaheRempah seperti jahe, kunyit, dan peppermint adalah solusi alami untuk mengatasi masalah perut. Cobalah menikmati teh jahe atau peppermint untuk membuat perut terasa lebih nyaman.
YogurtYogurt dan makanan kaya probiotik lainnya juga baik bagi sistem pencernaan. Di dalamnya mengandung bakteri baik yang membunuh bakteri jahat di dalam usus.
AsparagusBerikutnya ada asparagus, makanan yang mengandung prebiotik. Prebiotik mengandung serat yang dibutuhkan oleh probiotik agar jumlahnya bisa berlipat ganda. Jadi jangan ragu makan asparagus, bawang bombai, dan kacang-kacangan yang juga kaya probiotik demi menjaga kesehatan pencernaan.
Makanan pedasSekarang beralih pada makanan yang terburuk untuk pencernaan. Pertama, ada makanan pedas karena sifatnya yang bisa memicu refluksi asam lambung bagi beberapa orang.
KafeinSama seperti makanan pedas, kafein juga memicu refluksi asam lambung sehingga membuat makanan terancam naik kembali ke kerongkongan. Jadi minuman berkafein seperti kopi termasuk dalam konsumsi yang buruk bagi pencernaan.
SodaSoda atau minuman yang asam lain pun memiliki sifat seperti makanan pedas dan soda. Jangan meminumnya jika tidak ingin mengalami masalah dalam sistem pencernaan.
Lemak jenuhBeberapa makanan berlemak jenuh bukan cuma membuat gemuk, tetapi juga buruk bagi pencernaan. Sebab makanan berlemak jenuh meningkatkan risiko diare karena tubuh kesulitan dalam menyerap lemak.
AlkoholAlkohol termasuk dalam makanan berikutnya yang buruk bagi pencernaan. Sifatnya adalah memicu refluksi asam lambung dan inflamasi dalam lambung.
SusuTerakhir, ada susu yang membuat perut kembung. Terutama bagi orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa. Susu yang dimaksud di sini pun adalah yang berasal dari sapi.
Itulah berbagai makanan sekaligus makanan terbaik dan terburuk untuk pencernaan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template