Comments

Monday, March 4, 2013

Lari mundur, cara asyik membakar kalori

Posted by at 3:56 AM Read our previous post


Lari umumnya dilakukan dengan cara maju ke depan. Namun ternyata ada juga metode berlari mundur ke belakang. Dokter bahkan sudah menyarankan metode berlari seperti ini sejak 40 tahun lalu pada atlet yang mengalami cedera untuk mempercepat pemulihan.

Selain memperbaiki postur dan memperkuat otot, berlari ke belakang adalah cara yang asyik untuk membakar kalori. Simak manfaat lain dari lari mundur seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini.

Penelitian
Menurut Dr Barry Bates dari University of Oregon, lari mundur merupakan olahraga yang lebih efisien dari kebiasaan lari maju pada umumnya. Penelitian bahkan menyebutkan kalau seseorang hanya butuh energi 80 persen saat lari mundur namun khasiatnya sama dengan ketika berlari ke depan.

Atlet
"Atlet yang cedera juga sering berlari mundur agar cepat pulih. Tetapi mereka menggabungkannya dengan lari ke depan demi menyeimbangkan tubuh," papar Dr Bates.

Lari mundur memang sering direkomendasikan untuk mengatasi masalah lutut dan punggung yang cedera. Sebab secara perlahan-lahan, bagian otot betis, paha belakang, dan punggung menjadi lebih kuat dengan melakukan lari mundur.

Lebih cepat
Manfaat tersembunyi lain dari lari mundur adalah membuat Anda bergerak lebih cepat daripada lari ke depan. Tubuh pun akan cepat langsing dan postur tubuh menjadi lebih baik.

Cara lari mundur
Jika Anda terbiasa berlari dengan treadmill, awali dengan berjalan. Kemudian kurangi kecepatan sampai 50 persen dari aktivitas lari ke depan. Sementara berlari di lapangan sebaiknya dikombinasikan dengan lari ke depan. Misalnya 50 meter lari dengan maju ke depan dan 50 mundur kemudian mengulanginya berkali-kali.

Kekurangan
Karena mata ada di depan, terkadang Anda bisa menabrak seseorang atau sesuatu ketika lari mundur. Jika terlalu sering menengok, leher pun akan sakit. Jadi pastikan Anda berlari mundur tanpa halangan di belakang.

Itulah cara asyik membakar kalori dan menyehatkan tubuh dengan berlari mundur. Tertarik mencobanya?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template