Comments

Thursday, March 7, 2013

Main video games bisa membakar kalori?

Posted by at 4:25 AM Read our previous post

Video games identik dengan duduk di depan layar kaca sepanjang hari dan hanya jari-jari tangan yang digerakkan selama permainan. Namun rupanya ada jenis video games yang dinilai bisa membantu seseorang membakar kalori saat memainkannya, demikian menurut penelitian terbaru. Misalnya saja video games tarian dan tinju dari sistem Kinect di Xbox.
Seperti yang dilansir dari Third Age (25/09), video games yang memaksa pemainnya bergerak tersebut ternyata membutuhkan energi 103 persen lebih banyak untuk dimainkan. Selain Xbox, video games jenis Wii dan Xavix juga disebutkan mampu membakar lebih banyak kalori.
Meskipun demikian, program latihan yang terarah sebaiknya disusun untuk memaksimalkan pembakaran kalori.
"Jika aktivitas virtual itu bisa membantu seseorang mengontrol berat badannya, sebaiknya hal tersebut dilakukan dalam jangka panjang," tulis peneliti dalam jurnal MedPage.
Video games ini sebenarnya lebih sering dimainkan oleh para remaja. Namun orang tua juga sekali-kali bisa bermain dengan anak mereka. Sebab main video games memang menyenangkan, mampu membantu proses pembakaran kalori, sekaligus memperbaiki suasana hati.
Sementara itu, penelitian lain dalam jurnal Archives of Pediatric and Adolescent Medicine menyebutkan level aktivitas selama main video games cukup beragam. Meskipun begitu, energi dan detak jantung memang terbukti mengalami peningkatan.
Mungkin kalau Anda malas keluar rumah untuk olahraga, Anda bisa main video games tarian atau tinju seperti yang sudah disebutkan peneliti untuk membakar kalori.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template