Comments

Friday, March 1, 2013

Rajin minum minyak ikan turunkan risiko kanker kulit

Posted by at 5:03 AM Read our previous post

Minyak ikan ternyata mampu melindungi kulit dari ancaman penyakit kanker. Peneliti dari University of Manchester juga menemukan kalau asam lemak omega-3 pada minyak ikan meningkatkan sistem imun yang membantu tubuh melawan kanker dan infeksi.
Sinar ultraviolet matahari yang sering disebut menjadi biang dari kanker kulit memang menguras habis sistem imun dalam tubuh manusia. Namun dengan mengonsumsi minyak ikan secara teratur, risiko dari kanker kulit akibat sinar ultraviolet matahari pun bisa ditekan.
Ini adalah bukti pertama bahwa omega-3 - biasanya ditemukan pada ikan dan tanaman berminyak - pada tubuh manusia.
"Selama ini, penelitian tentang khasiat minyak ikan dalam mencegah kanker kulit hanya diujicobakan pada tikus laboratorium. Namun kami berhasil membuktikannya kalau manusia juga mendapatkan manfaat yang sama," papar Profesor Lesley Rhodes, seperti yang dikutip dari Daily Mail.
Sebanyak 79 pasien dilibatkan dalam penelitian tersebut. Mereka kemudian diminta mengonsumsi minyak ikan setiap hati sebelum akhirnya disuruh berjemur selama 15 sampai 30 menit di tengah hari.
Hasilnya, mereka yang sudah mengonsumsi minyak ikan mengalami penurunan sistem imun sebesar 50 persen lebih rendah setelah berjemur. Peneliti pun melaporkannya dalam The American Journal of Clinical Nutrition.
Selain melindungi kulit dari kanker, minyak ikan juga telah terbukti mampu mencegah penyakit kardiovaskular.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template