Comments

Friday, March 1, 2013

SMS-an sambil tidur marak di kalangan remaja

Posted by at 4:54 AM Read our previous post

Remaja dikenal dengan kecenderungan mereka yang tak bisa lepas dari telepon genggam(kecuali saya). Saking kecanduannya, para remaja bahkan sering sms sampai tertidur, dan tetap membalas sms saat mereka tertidur.
Para ahli menemukan bahwa perilaku semacam ini menjadi semakin umum di kalangan remaja. Salah satunya adalah Dr Elizabeth Dowdell dari Villanova University, Philadelphia.
Remaja yang kecanduan telepon genggam akan langsung terbangun ketika telepon genggam mereka berbunyi. Dengan cepat mereka juga segera membalas sms yang masuk. Namun mereka tak akan ingat telah melakukannya ketika terbangun di pagi hari.
Baru-baru ini Dowdell mengamati perilaku remaja dan kegiatan online mereka. Banyak orang tua yang mengaku anak mereka terlalu kecanduan pada telepon genggam dan tak memiliki cukup waktu tidur. Dowdell percaya bahwa hal ini disebabkan oleh suara telepon genggam yang membangunkan mereka tengah malam.
Hal yang sama juga dikemukakan oleh Dr Michael Breus, seorang psikolog klinis dan spesialis tidur yang menjelaskan bahwa setiap orang yang tidur dekat dengan telepon genggamnya memiliki kemungkinan untuk membalas pesan yang masuk ketika mereka terbangun.
"Ini dinamakan arousal disorder. Yaitu ketika seseorang terbangun, namun tak sepenuhnya terbangun dari proses tidur. Mereka akan mengambil telepon genggam dan mulai membalas pesan," ungkap Breus, seperti dilansir oleh Huffington Post (14/02).
Meski hingga saat ini belum ada penelitian resmi mengenai tren aneh pada remaja ini, namun data kedokteran menunjukkan adanya peningkatan kasus mengirim pesan sambil tidur sejak tahun 2011.
Apakah Anda termasuk yang sering membalas pesan sambil tidur?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template