Comments

Monday, March 11, 2013

7 Wanita paling berkuasa di dunia

Posted by at 6:26 AM Read our previous post

Siapa bilang kedudukan pemimpin hanya milik pria? Wanita juga bisa berkuasa dan memimpin negara. Seperti halnya Indonesia yang pernah memiliki Megawati Soekarno Putri sebagai presiden wanita, beberapa negara juga memiliki wanita yang duduk di posisi penguasa.
Tujuh wanita ini adalah wanita super yang diberikan kepercayaan untuk memimpin dan mengatur negara mereka. Siapa saja? Simak daftarnya, berikut ini.

1. Ellen Johnson Sirleaf - Presiden Liberia


Sirleaf menjadi pemimpin Liberia ke 24 sejak tahun 2005. Wanita berusia 75 tahun ini kemudian terpilih lagi menjadi kandidat pada tahun 2011. Tak hanya memiliki kedudukan sebagai kepala negara, Sirleaf juga mendapatkan anugerah Nobel Perdamaian pada tahun 2011 bersama  Leymah Gbowee dari Liberia dan Tawakel Karman dari Yemen. Sirleaf merupakan wanita pertama yang terpilih sebagai presiden di Afrika.

2. Yingluck Shinawatra - Perdana Menteri Thailand


Di usianya yang terbilang muda, Yingluck yang berusia 44 tahun menjadi perdana menteri wanita termuda di dunia. Dalam sejarah Thailand, wanita kelahiran 21 Juni 1967 ini juga disebut sebagai pemimpin negara wanita yang pertama. Sebelum menjadi perdana menteri, adik bungsu dari mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra ini merupakan seorang pengusaha. Dia adalah presiden dari Advanced Info Service (AIS).

3. Angela Merkel - Kanselir Jerman


Berdasarkan Forbes, Angela Merkel tak hanya wanita paling berkuasa di dunia selama tahun 2006, 2007, 2008, 2009, 2011, dan 2012, tetapi juga orang nomor empat yang paling berkuasa di dunia setelah Barack Obama, Vladimir Putin, dan Hu Jintao yang ada di urutan pertama sampai ketiga. Wanita bernama lengkap Angela Dorothea Merkel ini juga disebut sebagai salah satu dari 50 Tokoh Paling Berpengaruh tahun 2010 versi New Statesman.

4. Dilma Roussef - Presiden Brazil


Banyak wanita yang ingin menjadi pemimpin wanita pertama bagi negaranya. Dilma Roussef adalah salah satu yang berhasil mewujudkannya. Wanita berusia 64 tahun ini berhasil menjadi presiden wanita pertama di Brazil. Selain itu, dia juga ahli ekonomi pertama yang berhasil menduduki kursi presiden di Brazil.

5. Atifete Jahjaga - Presiden Kosovo


Atifete Jahjaga berhasil menduduki kursi presiden ketika usianya baru 36 tahun pada 7 April 2011. Hal ini membuat wanita kelahiran 20 April 1975 ini menjadi presiden wanita termuda di dunia. Jahjaga berhasil meraih kursi presiden melalui jalur independen. Tujuannya menjadi presiden Kosovo salah satunya adalah untuk mengamankan kedudukan negaranya sebagai anggota Uni Eropa dan PBB.

6. Dalia Grybauskaite - Presiden Lithuania


Dalia Grybauskaite menjadi presiden wanita pertama di negaranya ketika berusia 56 tahun. Pada tahun 2010, Grybauskaite juga mendapatkan gelar Women of the Year dari majalah Glamour.



7. Christina Fernandez de Kirchner - Presiden Argentina


Presiden Fernandez tak hanya wanita pertama yang menjadi presiden di Argentina, tetapi juga presiden wanita Argentina pertama yang berhasil terpilih kembali. Selain itu, Fernandez juga menjadi ibu negara selama masa pemerintahan Presiden Nestor Kirchner tahun 2003 hingga 2007. Pada pemilihan presiden tahun 2011, Fernandez berhasil memenangkan 54,1 persen suara.
Itulah tujuh wanita yang pernah menjadi penguasa di negaranya. Sebagian merupakan pemimpin wanita termuda, sementara sebagian lagi merupakan pemimpin wanita pertama di negaranya. Ini menunjukkan bahwa kemampuan wanita untuk memimpin negara tak bisa dianggap remeh.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template