Comments

Wednesday, March 6, 2013

Ini yang akan Anda dapatkan setelah berhenti merokok

Posted by at 4:50 AM Read our previous post

Ada timeline atau sebuah gambar bertemakan waktu ke waktu seputar resiko dan bahaya apa saja yang akan berkurang setelah berhenti merokok di Google+.

Tips berhenti merokok, resiko rokok bagi perokok, makanan untuk hilangkan kandungan nikotin dalam tubuh atau lainnya mungkin sudah banyak beredar baik di internet atau juga di media cetak.

Namun, ada satu gambar timeline yang (mungkin) belum Anda ketahui sebelumnya tentang penyakit dan resiko apa saja yang akan berkurang setelah memutuskan berhenti merokok.

Dalam gambar tersebut menampilkan bahwa setelah 20 menit mencoba tidak memasukkan asap rokok ke dalam tubuh, maka tekanan darah dan detak jantung akan perlahan kembali ke level normal.

12 jam setelah berhenti merokok tingkat karbon monoksida dalam darah juga turun. Setelah 2 minggu tidak lagi merokok, maka perokok akan mendapatkan kembali fungsi sirkulasi dan aktivitas keluar masuk udara di paru-paru seperti sediakala (sebelum merokok).

1-9 minggu setelah tidak merokok, maka 'rutinitas' batuk tanpa sebab atau juga pernafasan yang pendek menjadi berkurang. Begitu pula dalam organ tubuh. Rambut-rambut halus dalam paru-paru atau yang biasa disebut Cilia dapat bekerja secara normal kembali sekaligus dapat membersihkan rongga paru-paru untuk mengurangi tingkat infeksi.

Apabila sudah 1 tahun berhenti merokok maka risiko terkena serangan jantung koroner menjadi berkurang setengah dibandingkan dengan orang-orang yang masih merokok.

Memang dalam hal ini, dengan berhenti merokok, tetap saja ada risiko-risiko yang ditimbulkan nikotin dalam tubuh namun persentasenya jauh berkurang dibandingkan dengan ketika masih merokok.

Hal tersebut dikarenakan ada beberapa bagian dari nikotin yang tertinggal dan tetap ada di dalam tubuh walaupun seseorang tersebut sudah 'mengantongi' predikat mantan perokok, seperti yang tertulis di Womenshealth.gov (Mei 2010).

Setelah 5 tahun tidak lagi merokok, maka risiko terkena penyakit kanker seperti kanker mulut, tenggorokan, esofagus, serviks, kandung kemih serta stroke akan menurun drastis.

10 tahun tidak lagi menghisap rokok secara aktif, maka resiko kematian akibat kanker paru-paru, pankreas dan pangkal tenggorokan juga berkurang.

Setelah 15 tahun berhenti merokok risiko akan serangan jantung menjadi sama seperti risiko yang diterima oleh orang-orang bukan perokok atau perokok pasif.

Nah, sudah mengerti dan tahukan apa keuntungan setelah berhenti merokok dalam periode waktu atau setiap jangka waktu, mulailah hidup sehat dan jangan kembali racuni tubuh Anda dengan nikotin.
timeline rokok
Perbedaan paru-paru sebelum dan sesudah berhenti merokok

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template