Comments

Friday, March 1, 2013

Jadi orang pesimis bikin panjang umur?

Posted by at 4:50 AM Read our previous post


Pesimis adalah sifat mudah menyerah yang jelas bisa membuat karir dan urusan lainnya terhambat. Namun penelitian terbaru menyebutkan kalau manula yang cenderung pesimis justru memiliki kesempatan untuk hidup lebih lama.
Tidak adanya pandangan jangka panjang dan harapan tentang masa depan adalah hal yang membuat para manula pesimis. Peneliti pun menyimpulkan kalau sikap itu akhirnya menurunkan harapan tentang 'masa depan yang lebih memuaskan' sehingga mendorong mereka menjalani hidup yang lebih menyehatkan.
Di dalam penelitian yang melibatkan 40.000 responden, memang terbukti di antara mereka yang terlalu optimis dan punya prediksi tinggi tentang masa depan berkaitan dengan risiko ketidakmampuan mencapai keinginan sehingga akhirnya meninggal.
"Orang yang pesimis soal masa depannya bisa mendorong mereka untuk hidup lebih hati-hati dan fokus menjaga kesehatan," papar peneliti Frieder R Lang, seperti yang dikutip dari Daily Mail (28/02).
Data dari tahun 1993-2003 dikumpulkan dalam penelitian tersebut. Peneliti kemudian bertanya pada tiga kelompok usia berbeda tentang kepuasan mereka dengan kehidupan yang selama ini dijalani dan pandangan lima tahun ke depan.
Kelompok usia tersebut tepatnya adalah 18-39 tahun, 40-64 tahun, dan 65 tahun ke atas.
Hasilnya, sekitar 43 persen kelompok responden tertua tergolong cukup pesimis dalam memandang diri mereka selama lima tahun ke depan. Uniknya, mereka justru menjadi pribadi yang realistis dengan keadaan dan prediksi. Sehingga mereka fokus pada cara untuk menjaga kesehatan.
Peneliti pun melaporkan hasil studi tersebut dalam jurnal American Psychological Association.v

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template