Comments

Monday, March 11, 2013

Perhatikan 4 hal ini sebelum membuat tato

Posted by at 5:23 AM Read our previous post

Meski seni merajah tubuh atau tato sangat digemari oleh banyak orang, namun bukan berarti hobi tak memiliki risiko. Tinta yang digunakan untuk menato tubuh contohnya, diketahui mampu menyebabkan gatal, infeksi, atau peradangan.
"Sangat penting bagi konsumen untuk mewaspadai risiko ketika mereka menato kulit. Jika terjadi apa-apa sebaiknya mereka segera mencari bantuan ahli kulit dan memberitahu seniman tato yang telah menato kulit mereka," ungkap Dr Michi Shinohara, asisten profesor dari University of Washington, Seattle.
Pada penelitian terbaru, bahan kimia pada tinta hitam tato yang disebut benzo(a)pyrene bisa menyebabkan kanker kulit pada hewan. Banyak juga pengaruh yang tak diketahui mengenai pengaruh tinta tato pada kulit dan tubuh.
Alergi adalah masalah yang paling umum terjadi pada kulit yang telah ditato. Namun tak menutup kemungkinan terjadi penyakit seperti syphillis, hepatitis B dan C, atau lainnya.
Sebelum memutuskan untuk menato kulit, Shinohara menyarankan agar Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir oleh NY Daily News (06/03).
1. Pastikan Anda membuat tato pada seniman tato yang sudah terdaftar dan profesional. Pastikan juga semua jarum yang digunakan untuk merajah kuli dikeluarkan dari tempat steril dan sudah disterilkan. Lebih baik lagi jika jarum yang digunakan adalah jarum baru. Selain itu, perhatikan apakah seniman tato mencuci tangannya atau menggunakan sarung tangan ketika menato.
2. Jika timbul masalah kulit, jangan tunggu terlalu lama. Langsung temui dokter kulit terutama jika masalah muncul lebih dari satu sampai dua minggu.
3. Jika Anda memiliki masalah kulit seperti psioriasis, eczema, atau kemungkinan munculnya keloid, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit terlebih dahulu sebelum akhirnya membuat tato.
4. Jangan membuat tato pada kulit yang memiliki tahi lalat. Anda tak pernah tahu masalah yang disebabkan oleh tato dan keadaan tahi lalat Anda. Bisa saja terjadi infeksi atau hal lain di kemudian hari.
Sebelum membuat tato ada baiknya Anda memperhatikan empat hal di atas. Memperhatikan hal-hal tersebut akan membantu Anda menyelamatkan diri sendiri dan menjaga kesehatan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template