Comments

Thursday, March 7, 2013

Susah bangun pagi? Ini penyebabnya!

Posted by at 4:21 AM Read our previous post

Semua orang menikmati tidur lebih lama dan bangun di siang hari saat liburan. Namun bagi beberapa orang, bangun pagi memang tak mudah. Apa alasannya?
Beberapa orang terkadang susah tidur cepat sehingga harus kesiangan di pagi harinya. Menurut peneliti, hal ini disebabkan oleh jam tubuh mereka yang terlalu lambat. Tim peneliti dari Flinders University di Adelaide Australia mengamati kelainan jam tidur yang tertunda. Kelainan ini membuat seseorang tak bisa tidur pada waktu yang seharusnya.
Mereka menemukan bahwa kelainan ini bisa mengenai 15 persen remaja, namun bisa mereka bawa hingga dewasa. Leon Lack, ketua peneliti menjelaskan bahwa jam tubuh pada orang yang memiliki kelainan ini bergerak lebih lambat dari orang normal.
"Orang yang sering tak bisa tidur hingga jam dua atau jam tiga malam sehingga paginya harus kesiangan. Mereka memiliki jam tubuh yang bergerak lebih lama dari 24 jam. Normalnya seseorang memiliki ritme jam tubuh 24 jam, sama seperti hitungan jam dalam hari," ungkap Lack, seperti dilansir oleh Daily Mail (05/03).
Ritme sirkadian berlaku bagi semua makhluk hidup dan biasanya menyesuaikan jam tubuh dengan waktu dunia. Jam ini akan mempengaruhi waktu bangun, tidur, suhu tubuh, dan produksi hormon.
Jam tubuh bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti tingkat cahaya matahari atau jam kerja malam. Lack menjelaskan bahwa penelitian yang lebih besar perlu dilakukan untuk memperjelas hasil penelitian ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template