Comments

Monday, March 11, 2013

7 Teknik meditasi yang tidak biasa

Posted by at 6:10 AM Read our previous post

Salah satu cara untuk menenangkan pikiran adalah dengan bermeditasi. Umumnya meditasi sendiri dilakukan sambil duduk dan memusatkan pikiran agar tubuh menjadi lebih rileks.
Namun di luar sana, ternyata ada banyak teknik meditasi yang tidak biasa, seperti menggunakan api atau kristal. Mau tahu? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Meditasi buku

Tinggal di perkotaan biasanya menjadi salah satu kendala untuk bermeditasi demi menenangkan pikiran. Tetapi dengan membaca buku Buddhist Boot Camp, siapapun dan di mana saja Anda berada, meditasi tetap bisa berjalan.
Buku ini berisi tentang instruksi dasar-dasar meditasi dengan pendekatan yang ideal menurut Buddha. Meskipun demikian, baik penganut agama Islam, Kristen, atau apapun tidak masalah jika ingin melakukan meditasi menurut buku ini.

2. Meditasi labirin

Meditasi tidak harus dilakukan dengan berdiam diri. Jika Anda adalah orang yang suka aktif bergerak, meditasi labirin ini cocok dilakukan. Dengan berjalan tanpa arah demi menemukan jalan keluar, kombinasi gerak ke kanan dan kiri mampu membantu Anda dalam menyelesaikan masalah agar lebih bijak.
Sayangnya labirin cukup susah ditemukan. Hanya ada di beberapa tempat saja ada taman labirin yang cukup besar dan bisa dijadikan tempat bermeditasi.

3. Meditasi perjalanan

Meditasi yang satu bukan berarti Anda harus melakukan perjalanan keliling dunia. Anda hanya perlu duduk diam dan membayangkan tempat yang tenang, seperti pulau tropis dengan tanaman kelapa di sekelilingnya.
Imajinasi tersebut akan membuat Anda lebih tenang. Di tempat yang dibayangkan, Anda akan merasa aman dan tenang.

4. Meditasi tertawa

Tertawa adalah alat paling ampuh sekaligus mudah untuk melawan stres. Bahkan tertawa bisa dijadikan sebagai teknik meditasi untuk menenangkan pikiran.
Kekuatan dari tertawa ini pun mengantarkan Anda menuju kebahagiaan. Mulailah dengan lima sampai 20 menit tawa tanpa henti dengan membayangkan situasi yang lucu. Pastikan Anda melakukannya di tempat pribadi agar tidak disangka gila.

5. Meditasi api

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan api dalam teknik bermeditasi. Salah satunya adalah fokus pada nyala lilin yang berjarak satu meter di depan Anda. Setelah memandanginya selama beberapa menit, tutup mata dan bayangkan bahwa semua ketakutan Anda telah terbuang bersama nyala api tersebut.
Beberapa orang bahkan sudah bisa membayangkan api tanpa bantuan nyala lilin. Dengan membuang semua kekhawatiran, pikiran akan terasa lebih tenang dan rileks.

6. Meditasi Koan

Anda pasti pernah mendengar pertanyaan ini, "Jika ada pohon yang tumbang dan jatuh di dalam hutan lalu tidak ada seorang pun yang mendengarnya, apakah sebenarnya ada suara yang dikeluarkan dari situ?"
Ini adalah pertanyaan yang sangat filosofis yang merupakan dasar dari meditasi Koan. Teknik meditasi tersebut melibatkan pengajuan pertanyaan yang tidak cukup dijawab dengan berpikir secara normal.

7. Meditasi kristal

Berikutnya, ada teknik meditasi kristal. Misalnya menggenggam atau memakai aksesori yang terbuat dari kristal dengan warna tertentu untuk membantu tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks.
Kristal warna biru misalnya bisa membersihkan pikiran dan tubuh, sementara ungu adalah untuk meningkatkan motivasi dalam mencapai sesuatu.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template