Comments

Thursday, March 7, 2013

8 Tips ciptakan kesan tak terlupakan saat berkenalan

Posted by at 4:18 AM Read our previous post

Siapapun tentu ingin selalu dikenang dan mempunyai kesan positif ketika pertama kali berkenalan. Namun, tak semua orang bisa melakukan hal ini. Karena banyak hal-hal kecil yang penting tapi disepelekan, seperti adanya kontak mata saat berbicara. Berikut delapan tips agar Anda bisa menjadi pribadi yang dikenang ketika berkenalan.
1. Jadilah menyenangkan dan beri pujian.
Ketika Anda membuat seseorang tertawa, merasa senang atau dikagumi, mereka secara alami membalas perasaan terhadap Anda. Menurut psikolog Anne Demarais, pendiri perusahaan pembinaan perilaku First Impressions, ketika Anda memberi pujian yang tulus pada seseorang yang baru Anda kenal, mereka akan cenderung menginternalisasi perasaan positif terhadap Anda. Tapi itu tidak cukup untuk hanya menjadi menyanjung, Anda perlu memancarkan aura dan sikap yang ramah agar dapat dianggap sebagai tulus.

2. Memiliki percakapan yang seimbang
Hindari memonopoli pembicaraan. Dengan kata lain, berbicara sedikit tentang diri Anda, kemudian mengajukan pertanyaan, pastikan untuk memberi kesempatan orang lain untuk berbicara siapa. Percakapan terbaik adalah menciptakan kesempatan untuk saling timbal balik. Sebaliknya, percakapan akan membosankan jika hanya Anda yang berbicara sementara teman Anda tidak memiliki kesempatan untuk mengobrol bersama.

3. Berbusana yang tepat
Jika Anda ingin memiliki kesan yang happy ending, maka berbusanalah yang tepat.Tampilan gaya juga dapat mempengaruhi bagaimana Anda membawa diri. Jika Anda ingin dihargai orang lain, maka hargai diri Anda terlebih dahulu. Tak perlu memakai pakaian mewah dan mahal. Cukup kenakan busana yang bersih dan tidak bau, membuat orang lain nyaman di dekat Anda.

4. Menunjukkan ketertarikan
Sebuah cara yang efektif untuk meninggalkan kesan yang baik pada seseorang yang baru berkenalan adalah Anda tertarik dengan percakapan tersebut. "Bila Anda tertarik, Anda menarik," kata Jill Spiegel, penulis buku How to Talk to Anyone About Anything! Dengan mengajukan pertanyaan serta menunjukkan ketertarikan seperti mengangguk atau tersenyum membuat mereka merasa dikagumi, yang pada gilirannya membuat mereka mengagumi Anda.

5. Memperkenalkan diri dengan baik
Sampaikan perkenalan diri Anda dengan ramah, singkat dan jelas. Tak perlu menyebutkan hal-hal yang tidak penting seperti jenis penyakit yang pernah diderita, jumlah gaji yang diterima atau sikap bos Anda yang galak. Jika teman ingin mencari tahu lebih dalam mengenai Anda, Anda bisa menceritakannya.

6. Berkontribusi dalam percakapan
Tujuannya bukan hanya menjadi bagian dari sebuah ruangan atau percakapan, tetapi untuk menambahkan nilai pembicaraan. Ketika Anda ikut andil dalam percakapan perhatikan bahwa Anda benar-benar memahami topik yang ada.

Cara lain untuk melayani adalah untuk secara aktif mencoba untuk membuat semua orang di sekitar Anda lebih nyaman, cobalah memperkenalkan orang-orang yang sebelumnya belum bertemu dalam percakapan. Orang lain tentu akan kagum dengan kemurahan hati Anda dan terinspirasi oleh kepemimpinan Anda.

7. Lakukan kontak mata
Tidak peduli siapa Anda berbicara kepada, kontak mata adalah kunci untuk menjaga seseorang tertarik dan terlibat. Adanya kontak mata menunjukkan Anda adalah orang yang tulus. Orang lain yang berbicara dengan Anda tentu merasa dihargai oleh Anda.

8. Tahu kapan percakapan berakhir
Dalam situasi apapun, seperti di pesta, rapat atau ketika bertemu teman lama, Anda harus tahu kapan percakapan berakhir dan beri kesan positif. Jika lawan bicara sudah tidak fokus pada Anda atau meringkas percakapan itu merupakan sinyal agar percakapan segera berakhir. Jangan sampai ketika teman ingin mengakhiri pembicaraan, lantas Anda masih asyik bercerita. Anda bisa dianggap teman yang cerewet dan membosankan.
Menjadi sosok yang menyenangkan dan dikenang bukanlah hal sulit. Itu semua tergantung bagaimana cara kita bersikap dan memperlakukan orang lain. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template